Bolak Balik Bondowoso - Situbondo Demi Mengajar, Pria ini Sabet Juara 2 Lomba Guru Inovatif dan Dedikatif Se Jawa Timur

Salehudin, S.Pd (tengah) seorang guru SD asal Bondowoso yang sabet juara 2 lomba pendidik inovatif dan dedikatif pemprov Jawa Timur

Bacadoloe.com - Dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional, Kemendikbud Ristek menyelenggarakan lomba dan apresiasi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan yang inovatif dan dedikatif tahun 2023 se Jawa Timur.


Bertempat di Hotel Haris Kota Malang, lomba tersebut diikuti oleh semua tenaga pendidik di Wilayah Jawa Timur, termasuk Salehudin S.Pd, seorang guru Asal Bondowoso yang mengajar di Situbondo Jawa Timur. 


Salehudin tinggal di Desa Gadingsari, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso, sedangkan tempat ia mengajar adalah SDN 1 SUMBERARGO, yang mana berada di Jalan Petung No. 026 Desa Sumberargo Kec Sumbermalang Kab. Situbondo.


Salehudin berhasil menyabet juara 2 sebagai Guru dan Tenaga Kependidikan Inovatif dan Dedikatif tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan tingkat Jawa Timur, Rabu (01/11/23).


Prestasi yang diraih oleh Salehudin bukan tanpa alasan, sebab setiap hari ia harus bertaruh nyawa demi mengajar, karena jalan yang terjal dan menguji adrenaline. Jika salah perhitungan bisa berakibat fatal.


Saat dimintai keterangan perihal trik dan tipsnya dalam meraih penghargaan, ia mengaku mengikuti seleksi dengan fokus, belajar dan berdoa.


"Dalam hal ini strategi pada proses awal saya adalah menyimak dan mengikuti seluruh arahan dari coach pada saat coaching clinic, dengan memperhatikan seluruh kisi-kisi dan aspek yang akan dinilai, bahkan yang menjadi nilai plus pada karya saya, setelah semua saya lakukan saya tinggal pasrah dan berdoa yang terbaik," ujarnya.


Setelah masuk 10 besar trik yang Salehudin lakukan juga sama, ia memperhatikan dengan seksama poin-poin utama yang disampaikan pemateri pembekalan, untuk dituangkan dalam Power point dan Presentasi yang dilakukan.


"Pada sesi wawancara yang saya lakukan adalah memperhatikan dengan sungguh-sungguh pertanyaan dewan juri untuk menangkap poin utama dari pertanyaan tersebut, agar jawaban yang saya berikan tidak melebar dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh dewan juri," ungkapnya. 



Pewarta : Nur

Editor : Yasit

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama