Air Terjun Tancak Kembar Kabupaten Bondowoso

foto : Dokumen pribadi

Bacadoloe.com Halo sahabat Bacadoloe, Kalian pernah melihat dan berkunjung ke tempat yang sangat asri dan diantara pegunungan yang indah nan sejuk serta pemandangannya yang indah, tidak hanya itu kita juga bisa mandi di bawah airterjun kembar yang begitu indah, dimana lagi kalau bukan di Air terjun Tancak Kembar Andongsari yang terletak di Desa Andongsari Kecamatan Pakem sekitar 25 km arah barat dari kota Bondowoso. Tinggi tebing air terjun ini 77 m yang berhawa sejuk terdapat pada kawasan hutan lindung dengan ketinggian 900 m dpl, membuat Air Terjun Tancak Kembar sangat menawan untuk dikunjungi. Pemanfaatan air terjun sampai saat ini tidak hanya untuk tempat rekreasi saja, akan tetapi untuk sarana irigasi, bahkan menurut masyarakat setempat, orang yang mandi disini dapat menambah awet muda. Lokasi obyek ini didukung oleh panorama alam yang indah dan menawan untuk dinikmati oleh pengunjung, serta didukung adanya pusat penelitian kopi arabica dan cacao seluas 180 Ha.

Untuk menuju ke tempat ini aksesnya cukup mudah, kerena jalanannya sudah beraspal sampai di PUSLIT Kakao dan Kopi Bonwowoso, kemudian jalanan berupa tanah akan ditempuh untuk menuju air terjun tersebut. Untuk sepeda motor dapat diletakkan di air terjun yang pertama, selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki menuju tancak kembar. Di tempat ini masih belum tersedia sarana dan prasarana seperti parker resmi, toilet, dan lain-lain, sehingga untuk keperluan memarkir harus hati-hati, dan keperluan lain di siapkan sendiri. 

Namun disamping itu, jika kita telah sampai di lokasi maka kita akan disuguhi pemandangan dua air terjun yang bersebelahan dan sangat indah, maka dari itu apabila berkunjung ke bondowoso jangan lupa mampir dan nikmati wisata alam Tancak Kembar. Dulu di tancak banyak sarana dan prasarana serta tempat rekreasi namun karena lambat laun objek wisata ini jarang di kunjungi maka sekarang kita harus menyediakan peralatan seperti snak dan makanan sendiri sahabat Bacadoloe, bagaimana menarik bukan? turis mancanegera juga ke tempat ini loh...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama