LP2M STAI Al-Utsmani Bondowoso Menyelenggarakan Pelatihan KKN Bagi calon DPL, Begini Harapannya

Para dosen calon DPL STAI Al-Utsmani Bondowoso berserta pemateri

Bacadoloe.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Utsmani Bondowoso menyelenggarakan Pelatihan Tematik Posdaya Berbasis Masjid dengan tema "Aksi Mahasiswa Membumikan Moderasi Agama" untuk Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Rabu, (11-01-2023).

Ada sekitar 20 dosen di STAI Al-Utsmani Bondowoso yang mengikuti acara pelatihan tersebut. Dalam Sambutannya, Ketua LP2M STAI Al-Utsmani Bondowoso Muhammad Bahanan menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk memperkenalkan metode dalam pelaksanaan KKN yang direncanakan pada bulan Maret 2023 mendatang.

"Pembekalan ini dilaksanakan agar para calon DPL bisa matang terlebih dahulu terkait tema dan metode yang akan dilaksanakan ketika KKN nanti, baru kalau calon DPL sudah matang nanti sebelum mahasiswa diterjunkan kita akan laksanakan pembekalan kepada mahasiswa," ujar Bahanan.

Nantinya Para Dosen yang mengikuti Pelatihan Tematik Posdaya Berbasis Masjid akan mendapatkan sertifikat resmi sebagai tanda kompetensi untuk menjadi Dosen Pembimbing Lapangan pada tahun 2023.

Selain itu Mohammad Bahanan menambahkan pelatihan ini tidak terkesan monoton karena para peserta calon DPL langsung diberi tugas untuk mempraktekkan materi yang telah diperoleh.

"Jika diprosentase sekitar 30% materi dan 70% praktek," Tambah Bahanan.

Pada kesempatan ini LP2M STAI Al-Utsmani Bondowoso mendatangkan pemateri yang memang kompeten di bidang Posdaya Masjid dan PAR dari UIN KHAS Jember yakni Subakri dan Moh. Dasuki.

Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh salah satu pemateri, Moh. Dasuki, bahwa metode ini cukup berbeda dari metode yang telah ada sebelumnya. Keunggulan dari metode ini adalah perpaduan antara Posdaya masjid dengan Partisipation Action Riset (PAR).

"Mahasiswa itu diharapkan mengajak masyarakat mendeteksi masalah, melainkan juga untuk menciptakan solusi," Ujar Dasuki.

Perpaduan antara Posdaya Masjid dan PAR adalah keterlibatan masyarakat yang aktif, sedangkan mahasiswa hanya sebagai Fasilitator dan DPL menjadi Pendamping sekaligus berkewajiban untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi

Acara pun berakhir sekira pukul 16.30 dengan penyampaian ucapan terimakasih dari ketua LP2M STAI Al-Utsmani Bondowoso kepada seluruh calon DPL yang telah mengikuti acara ini dari awal hingga akhir.

Harapan besar disampaikan agar nantinya para peserta yang secara otomatis telah dinobatkan sebagai DPL pada KKN, agar bisa mentransfer dengan baik ilmu yang telah didapat pada pelatihan ini.


Pewarta : E Yan

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama