Tak hanya Pantai, 8 Wisata Alam Kabupaten Situbondo juga Tidak Kalah Indah Untuk Dikunjungi

Destinasi wisata kampung Blekok Situbondo

Bacadoloe.com - Kabupaten Situbondo memang sudah terkenal dengan destinasi wisata pantai yang dapat memanjakan mata. Tapi tidak hanya itu saja.


Tahukah kalian, di Kabupaten Situbondo tidak hanya destinasi wisata Pantai saja lho yang terkenal akan keindahannya.


Di Kabupaten yang dijuluki kota santri tersebut memiliki beragam tempat wisata dari mulai wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, hingga wisata kuliner, semua tersaji indah di Situbondo.


Berikut Bacadoloe.com sajikan 8 Destinasi wisata alam Kabupaten Situbondo yang dapat kalian nikmati untuk berlibur bersama keluarga tercinta.


1.Klenteng Poo Tong Biaw


Klenteng Poo Tong Biaw atau ditulis juga Klenteng Poo Tong Biao adalah salah-satu klenteng tertua yang ada di Kabupaten Situbondo. Diperkirakan Klenteng Poo Tong Biaw sudah ada dari sejak tahun 1854 silam.


Klenteng Poo Tong Biaw dibangun secara baik, dan artistik, sehingga bukan hanya sebatas tempat ibadah bagi para penganut agama Buddha saja, namun menjadi sebuah tempat yang cukup bersejarah dan indah.


Lokasi Klenteng Poo Tong Biaw berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten SItubondo, Provinsi Jawa Timur.


Harga tiket masuk Klenteng Poo Tong Biaw gratis. Dan buka selama 24 jam.


2.Waduk Bajul Mati


Tempat wisata Situbondo selanjutnya yang cocok untuk tempat nongkrong dan selfie dengan latar alam yang super keren bernama Waduk Bajul Mati.


Waduk Bajul Mati terletak di antara 2 gunung yang sangat terkenal, yaitu Gunung Baluran, dan Pegunungan Ijen. Serta Waduk ini mencakup beberapa desa di Kecamatan Banyuputih.


Daya tarik utamanya tentu saja Waduk Bajul Mati yang terlihat menjadi sebuah kolam raksasa yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang menawan.


Lokasi Waduk Bajul Mati berada di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.


Harga tiket masuk Waduk Bajul Mati Rp. 10.000. Dan buka dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.


3.Bekol Savana Taman Nasional Baluran


Masih di kawasan Taman Nasional Baluran, nama wisata ini Bekol Savana. Sebuah savana yang menjadi rumah nyaman bagi beberapa spesies hewan, seperti Banteng Jawa, Macan Tutul, Ajak, Burung Rangkong.


Keindahan savana, atau hamparan rumput hijau di Savana tersebut telah sampai ke mancanegara. Bahkan Bekol Savana memiliki julukan, atau nama lain Afrika Van Java.


Lokasi wisata Bekol Savana berada di Taman Nasional Baluran, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur.


Harga tiket masuk Bekol Savana Taman Nasional Baluran Rp. 16.000 untuk wisatawan nusantara. Dan harga tiket masuk Bekol Savana Taman Nasional Baluran Rp. 18.500 untuk wisatawan mancanegara.


Bekol Savana Taman Nasional Baluran buka dari pukul 07.30 – 17.00 WIB.


4.Puncak Rengganis Argopuro


Tempat wisata Situbondo selanjutnya berupa puncak gunung yang indah yang diberi nama Puncak Rengganis Argopuro. Lokasinya berada di salah satu puncak Gunung Argopuro.


Daya tarik Puncak Rengganis Argopuro bukan hanya menawarkan keindahan alam Gunung Argopuro, serta spot yang instagramable saja. Namun Puncak Rengganis Argopuro menawarkan sejarah yang patut dipelajari.


Di destinasi wisata Puncak Rengganis Argopuro terdapat teras berundak yang sangat bersejarah. Sebagai sebuah situs peninggalan jaman purbakala.


Lokasi Puncak Rengganis Argopuro berada di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.


Puncak Rengganis Argopuro buka 24 jam


5.Air Terjun Talempong


Tempat wisata Situbondo selanjutnya masih seputar air terjun. Namanya adalah Air Terjun Talempong. Sebuah air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 50 meter.


Air yang turun di wisata ini sangat deras, serta alamnya dikelilingi oleh bebatuan. Dan yang paling menarik dari Air Terjun Talempong adalah sebagian besar jalur trekkingnya sudah tertata, yang terbuat dari kayu, serta di sampingnya terdapat bunga-bunga indah yang berwarna-warni.


Lokasi Air Terjun Talempong berada di Desa Talempong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.


Harga tiket masuk Air Terjun Talempong Rp. 2.000. Dan Air Terjun Talempong buka 24 jam. Namun rata-rata para pengunjung akan kembali sebelum hari gelap.


6.Wisata Bukit Cip (Cottok Innovation Park)


Bukit Cip (Cottok Innovation Park) merupakan destinasi wisata sekaligus tempat edukasi yang berada di Kabupaten Situbondo.


Tempat wisata ini berada di desa Curah Cottok, memiliki area luas dan letaknya di perbukitan. Panorama alamnya indah dan nyaman dikelilingi pepohonan hijau yang masih asri.


Selain menikmati panorama alam, disini juga tersedia berbagai kegiatan alam seru dan menarik lainnya. Diantaranya terdapat sebuah kolam renang yang menjadi tempat favorit pengunjung. Berkeliling naik kuda dan naik motor ATV serta area bermain anak-anak dan sebagainya.


Destinasi Wisata Bukit Cip ini juga dipersiapkan menjadi tempat wisata berbasis pendidikan bagi kalangan pelajar. Disini mereka bisa belajar teknologi terbaru.


Lokasinya berada di Desa Curah cottok, Kec. Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.


Buka Setiap hari mulai dari jam 08.00 WIB-17.00 WIB. Dan Harga Tiket Masuk : Rp.5.000, rupiah.


7.Wisata Alam Gunung Bunter


Wisata Alam Gunung Bunter ini dikenal juga dengan Jelajah Bukit Selfie (JBS) Gunung Bunter. Tempat wisata yang menawarkan keindahan alam pegunungan dilengkapi dengan spot-spot selfie yang keren dan instagramable di Situbondo.


Suasananya yang tenang dan nyaman dengan pemandangan alam perbukitan yang indah. Udara di tempat ini sangat sejuk dan segar tanpa polusi. 


Tersedia taman spot selfie yang unik dan keren disini. Beberapa spot selfie yang tersedia antara lain spot tugu cinta, sapu terbang, kursi awan, kincir angin dan masih banyak spot selfie lainnya.


Pihak pengelola wisata ini juga menyediakan edukasi bagaimana cara membuat dan menanam bonsai dengan baik. Dengan dibimbing dan didampingi oleh mentor yang profesional.


Alamatnya berada di Desa Kedonglo, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.


Buka Setiap hari mulai jam 08.00 WIB – 18.00 WIB. Dan Harga Tiket Masuk : Rp.3.000, rupiah.


8.Kampung Blekok


Tempat wisata Situbondo yang terakhir adalah Kampung Blekok. Nama Kampung Blekok merujuk kepada burung-burung yang selalu ada di kampung tersebut, yang bernama Burung Blekok.


Kampung Blekok Situbondo mempunyai daya tarik sebagai kampung yang memiliki hutan mangrove, serta menjadi habitat yang nyaman bagi Burung Blekok, yang berpadu dengan keindahan alam pantainya.


Di kawasan hutan mangrove Kampung Blekok juga terdapat jalur trekking yang nyaman. Selain itu, jarak Kampung Blekok dari pusat Kabupaten Situbondo terbilang cukup dekat.


Lokasi Kampung Blekok berada di Dusun Pesisir, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.


Harga tiket masuk Kampung Blekok Rp. 5.000 per orang. Dan buka dari pukul 05.00 – 18.00 WIB.



Pewarta : Nur

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama