Status 20 Gunung Berapi Di Indonesia, Gunung Semeru Level Awas Dan 3 Gunung Status Waspada

Gunung berapi hauna loa yang berada di Sulawesi Selatan

Bacadoloe.com - Tidak hanya Gunung Tangkuban Parahu dan Gunung Anak Krakatau saja yang masuk ke dalam daftar gunung aktif di Indonesia. Masih banyak gunung berapi aktif yang tersebar di Indonesia. Bahkan tercatat ada sekitar lebih dari 100 gunung aktif.

Meskipun terdaftar sebagai gunung aktif, tidak sedikit para pecinta alam sejati mencoba untuk mendaki gunung-gunung tersebut. Bahkan beberapa gunung aktif di Jawa Timur seperti Gunung Semeru, Gunung Bromo menjadi gunung favorit pendaki. Lalu gunung aktif apa saja yang terdapat di Jawa Timur? 

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang yang baru-baru ini meletus, dan bahkan membuat warga sekitar harus mengungsi untuk mengamankan diri dan keluarganya pada Minggu (04/12/2022). 

Gunung Semeru bukan satu-satunya gunung berapi di Jawa Timur. Terdapat sejumlah gunung berapi aktif lainnya di wilayah Jatim.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) erupsi pada Minggu (04/12/2022). Peningkatan aktivitas vulkanik berupa guguran awan panas terjadi di gunung tertinggi di Pulau Jawa ini.

Semeru merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang berstatus aktif. Letusan gas beracun atau dikenal wedus gembel terjadi setiap 15-30 menit di puncak Mahameru. 

Semeru menjadi satu-satunya gunung api di Indonesia yang berstatus level 4 awas.

Gunung Semeru terus menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan luncuran Awan Panas Guguran (APG) pada Minggu (4/12/2022).

Dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Semeru dari siaga menjadi awas atau dari level 3 menjadi level 4.

Dilansir dari laman magma.esdm.go.id, juga terdapat 20 gunung api berstatus waspada hingga siaga. Selain itu, ada 47 gunung api berstatus level 1 normal.

Daftar tingkat aktivitas  dan status Gunung Berapi di Indonesia:

Level 4 awas

1. Gunung Semeru

Level 3 siaga

2. Anak Krakatau - Lampung

3. Ili Lewotolok - Nusa Tenggara Timur

4. Merapi - Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah

Level 2 waspada

5. Awu - Sulawesi Utara

6. Bromo - Jawa Timur

7. Dempo - Sumatera Selatan

8. Dukono - Maluku Utara

9. Gamalama - Maluku Utara

10. Ibu - Maluku Utara

11. Ile Werung - Nusa Tenggara Timur

12. Karangetang - Sulawesi Utara

13. Kerinci - Jambi, Sumatera Barat

14. Lokon - Sulawesi Utara

15. Marapi - Sumatera Barat

16. Raung - Jawa Timur

17. Rinjani - Nusa Tenggara Barat

18. Sangeangapi - Nusa Tenggara Barat

19. Sinabung - Sumatera Utara

20. Soputan - Sulawesi Utara.

Pewarta: Eru

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama