STAI Al-Utsmani Bondowoso Melaksanakan Tes Interview dan Micro Teaching untuk Pengadaan Dosen Tetap

STAI Al-Utsmani Bondowoso saat melaksanakan tes interview untuk calon dosen tetap

Bacadoloe.com - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Utsmani Bondowoso menyelenggarakan kegiatan tes Interview (wawancara) dan Micro Teaching (praktik  mengajar) dalam rangkaian pengadaan calon dosen tetap Tahun Kademik 2022/2023. Kamis, (29/12/2022).

Pengadaan Calon Dosen Tetap STAI Al-Utsmani Bondowoso diselenggarakan di Auditorium STAI Al-Utsmani Bondowoso, bagi peserta yang telah ditetapkan lolos pada tahap seleksi administrasi.

Dalam kegiatan tes Interview (wawancara) dan Micro Teaching (praktik  mengajar) bagi Calon Dosen Tetap STAI Al-Utsmani Bondowoso, hadir sekaligus ketua penguji Heridianto selaku Wakil Ketua III, Dawimatus Sholihah selaku Ketua STAI Al-Utsmani Bondowoso, Robby Reza Zulfikri Wakil Ketua I dan Gus Zamilul Mas'ad selaku Ketua Program Studi Manajemen Islam.

Para peserta mengikuti tes Interview (wawancara) dan Micro Teaching (praktik  mengajar) terkait dengan bidang keahlian dan kompetensi sesuai dengan kualifikasi pada bidang masing-masing.

Secara teknis, ketua panitia pengadaan Calon Dosen Tetap STAI Al-Utsmani Bondowoso Heridianto menjelaskan bahwa ada berbagai ketentuan pelaksanaan tes seleksi Interview (wawancara) dan Micro Teaching (praktik  mengajar).

Diantaranya keterampilan membuka pembelajaran, penguasaan dan penyampaian materi, Interaksi dengan mahasiswa (mahasiswa disimulasikan oleh para penguji dan sesama peserta), penguasaan dan keterampilan mengelola kelas, integrasi nilai-nilai karakter dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pemilihan bahasa dan kemampuan menyimpulkan materi.

"Pada kesempatan ini para peserta diharapkan hadir 30 menit sebelum Micro Teaching dimulai, peserta diharapkan membuat RPS, PPT dan membawa Laptop. Selain itu peserta diberi waktu 20 menit untuk memaparkan materinya". Ujar Heridianto

Heridianto menambahkan selama pelaksanaan tes Interview (wawancara) dan Micro Teaching (praktik  mengajar) diharapkan Calon Dosen Tetap STAI Al-Utsmani Bondowoso menggunakan pakaian sesuai dengan Syari'at Islam.

"Pakaian rapi celana panjang berbahan kain bagi laki-laki dan pakai rok bagi wanita dan berhijab karna Kampus ini dibawah naungan pondok pesantren". Tambah Heridianto

Sementara itu, Ketua STAI Al-Utsmani Bondowoso Dawimatus Sholihah menyampaikan tujuan dari interview dan Micro Teaching yaitu untuk mengetahui kemampuan dan skill para Calon Dosen dalam menyampaikan materi.

"Dengan adanya test ini pengelola bisa tau bagaimana kemampuan dalam proses pembelajaran, kemampuan profesional seorang calon dosen dan kemampuan calon dosen di dalam berbagai keterampilan yang lebih spesifik". Imbuh Dawimatus Sholihah

Terakhir, Pengadaan Calon Dosen Tetap STAI Al-Utsmani Bondowoso berjalan dengan lancar, hikmat serta tidak ada kendala satu apapun.


Pewarta : E Yan

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama