Sangat Berpengaruh Untuk Karir Seseorang, Berikut 3 Macam Kecerdasan Bawaan Secara Alami

Ilustrasi seseorang dalam menjaga hubungan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari

Bacadoloe.com - Berbicara soal kecerdasan, setiap manusia terlahir dengan fitrah kecerdasan yang berbeda-beda, ada beberapa macam kecerdasan, diantaranya: Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan terakhir yang akan kita bahas yaitu mengenai Kecerdasan Spiritual (SQ).

Spiritual Quotion atau Kecerdasan Spiritual merupakan kecerdasan yang kita gunakan untuk mengatasi dan memecahkan masalah makna dan nilai, serta mampu menerapkan nilai-nilai positif dalam hidupnya. Kecerdasan yang dengannya kita dapat menilai bahwa satu tindakan atau satu jalan hidup lebih bermakna daripada yang lain.

Kecerdasan spiritual diperlukan ketika kita mulai membuka diri terhadap perjalanan batin kita dan untuk mencari pemahaman yang lebih besar tentang kehidupan, untuk menemukan tujuan yang lebih tinggi serta kesadaran diri yang lebih luas, dan untuk menjadi bijaksana. Kemampuan kita untuk melakukan hal-hal yang bermakna dan bernilai menunjukkan cerdas secara spiritual.

Yang kita ketahui bahwa persoalan spiritual hanya tentang Tuhan saja. Namun, ternyata ada aspek lain juga loh.

Berikut tanda-tanda kamu memiliki kecerdasan spiritual, simak penjelasannya!

1. Ultimate Reality

Ultimate Reality yaitu yang berkaitan dengan ketuhanan, religiusitas, jiwa dan ruh. Adapun ciri-cirinya, dia mengenali akan Tuhan nya, menjalankan ibadah sesuai ajarannya dan segala sesuatu yang berkaitan dengan Tuhan ia mampu menjalaninya. Mereka akan senantiasa membersihkan diri dari keterikatan dunia.  

2. Personal

Secara personal, ia memiliki karakter yang baik dan mengenali dirinya dari apa yang ada di sekitarnya, ia menjalani hidup dengan ketulusan dan kerendahan hati, menyukai ketenangan dan kesendirian.

Selain itu, mereka merasakan ketenangan batin meskipun dalam kondisi sulit. Serta mereka mampu mengelola kebahagiaan dan kegelisahan.

3. Sosial

Dalam ruang lingkup sosial, mereka akan senantiasa merangkul siapapun dengan penuh rasa syukur. Selain itu, ketika ada orang lain yang berbuat kesalahan mereka akan dengan mudah memaafkan orang tersebut, serta mereka mencintai tanpa mengharapkan balasan dari orang lain, karena mereka memahami bahwa cinta adalah diri mereka sendiri dan mencintai adalah salah satu hal yang bisa dia berikan dalam hidup ini.

Orang yang cerdas secara spiritual mampu menghidupkan ketiga aspek tersebut, artinya dia selesai dengan personalnya, sosialnya dan juga dengan Tuhan nya. Orang yang memiliki kecerdasan spiritual (SQ) yang tinggi, secara otomatis memiliki kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosional (EQ) yang tinggi pula.


Pewarta : Eru

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama