Liburan Tahun Baru 2023! Berikut Rekomendasi 20 Destinasi Wisata Di Jember Beserta Harganya

Pantai Papuma,salah satu destinasi wisata di jember

Bacadoloe.com - Liburan Tahun Baru 2023 tinggal menghitung hari. Jika sobat ingin liburan ke Jember tapi tidak tau mau kemana, anda membaca artikel yang tepat.


Di Kabupaten Jember terdapat segudang destinasi wisata untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin liburan bersama keluarga, termasuk Liburan Tahun Baru 2023 ini.


Para pengunjung tinggal memilih mau liburan dengan konsep apa di Jember, mau ke pantai, taman, tempat bersejarah, semua ada dan tersaji di Kabupaten ini. Jadi agar tidak bingung Liburan Tahun Baru 2023 mau kemana dan menghabiskan anggaran berapa, yuk kepoin artikel ini sampai selesai.


Berikut rekomendasi 20 Destinasi Wisata untuk Liburan Tahun Baru 2023 di Jember.


1.Taman Nasional Meru Betiri


Destinasi wisata di Jember yang pertama sekaligus ikon, dan kebanggan masyarakat Jember adalah Taman Nasional Meru Betiri (TNMB).


Taman Nasional Meru Betiri menawarkan berbagai macam destinasi, dan aktivitas wisata dalam satu kawasan yang sama.


Perlu diketahui bahwa Taman Nasional Meru Betiri merupakan Taman Nasional yang sangat bersejarah. Bahkan Pemerintah Belanda pada tahun 1929 sudah menginstruksikan bahwa Taman Nasional tersebut wajib dilestarikan.


Lokasinya berada di dua Kabupaten yang ada di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Jember, dan Kabupaten Banyuwangi.


Sedangkan harga tiket masuk Taman Nasional Meru Betiri Rp. 5.000 – Rp. 7.500 per orang.


2.Kebun Teh Gunung Gambir


Destinasi Wisata di Jember selanjutnya adalah Kebun Teh Gunung Gambir yang terletak di Wisata Gambir yang notabene memiliki view alam yang indah, dan udara yang sangat sejuk dan alami.


Kebun Teh Gunung Gambir update terbaru sudah jauh berbeda dengan sebelumnya. Bahkan akses jalan menuju Kebun Teh Gunung Gambir sudah bagus dan enak untuk dilalui kendaraan.


Kebun Teh Gunung Gambir adalah sebuah kawasan kebun teh yang sangat bersejarah, karena sudah ada sejak jaman penjajahan kolonial Belanda, serta dilengkapi dengan berbagai macam spot selfie yang instagramable.


Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir terletak di Lereng Gunung Argopuro, di Wisata Gunung Gambir. Alamatnya berada di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.


Sedangkan harga tiket masuk Kebun Teh Gunung Gambir Rp. 10.000 per orang.


3.Pantai Papuma


Wisata pantai yang hits, dan populer di Jember adalah Pantai Papuma. Nama tersebut merupakan singkatan dari Pantai Putih Malikan, dan memiliki nama lain, yaitu Tanjung Papuma.


Pantai Papuma sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata, termasuk resort atau penginapan. Dan di lokasi tersebut terdapat spot terbaik menikmati keindahan Pantai Papuma dari atas bukit.


Nama spot tersebut adalah Siti Hinggil Papuma, Sebuah bukit yang dilengkapi dengan anak tangga yang berwarna-warni, dan gazebo. Ciri khas Pantai Papuma adalah terdapat sebuah batu karang besar yang ada di tengah-tengahnya.


Lokasi Pantai Papuma terletak di gugusan Pantai Selatan. Alamatnya berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.


Sedangkan harga tiket masuk Pantai Papuma Rp. 25.000 per orang.


4.Pantai Bandealit


Destinasi Wisata pantai di Jember selanjutnya adalah Pantai Bandealit. Sebuah pantai cantik yang memiliki panorama alam bukit, dan hutan mangrove, di sekitar area pantainya.


Selain itu, daya tarik Pantai Bandealit ini karena lokasinya berada di kawasan hutan lindung. Dengan demikian, kondisi, serta suasana di Pantai Bandealit sangat tenang, dan masih asri, jauh dari polusi.


Lokasi Pantai Bandealit terletak di Taman Nasional Meru Betiri. Alamatnya berada di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.


Sedangkan harga tiket masuk Pantai Bandealit Rp. 5.000 per orang.


5.Wana Wisata Simbat


Tempat wisata di Jember selanjutnya memberikan kisah inspiratif, dan kepedulian terhadap alam, namanya Wana Wisata Simbat. Wisata ini sebagai sebuah upaya menghentikan penambangan liar, dan memberikan solusi lain dengan menjadikannya objek wisata, tanpa merusak alam.


Wana Wisata Simbat dibangun pada tahun 2017, lokasinya berada di jalur pendakian. Saat ini, Wana Wisata Simbat dilengkapi dengan spot selfie yang kekinian, atau instagramable. Cocok bagi pengunjung yang suka foto.


View alam di sekitarnya juga sangat indah. Suasana di Wana Wisata Simbat cocok juga sebagai tempat nongkrong dengan nuansa alam untuk muda mudi yang gandrung akan eksistensi di media sosial.


Lokasi Wana Wisata Simbat berada di Tamansari, Wuluhan, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.


Sedangkan harga tiket masuk Wana Wisata Simbat Rp. 5.000.


6.Puncak S89


Jika anda ingin menikmati keindahan alam Kabupaten Jember yang spektakuler, maka salah-satunya harus dari ketinggian. Dan salah-satu tempat yang direkomendasikan kami adalah Puncak S89.


Puncak S89 memang hanya cocok untuk muda-mudi, dan belum cocok untuk wisata keluarga. Kunjungan wisata ke Puncak S89 disarankan saat cuaca sedang cerah dan tidak hujan.


Lokasi Puncak S89 berada di alamat Kebonsari, Tembokrejo, Gumukmas, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.


7.Pantai Payangan


Wisata pantai di Jember yang memiliki ciri khas berupa area pasir pantai yang berwarna hitam, bernama Pantai Payangan. Dan di Pantai Payangan setidaknya terdapat 3 lokasi pantai lainnya, yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan yang suka akan keindahan laut.


Pantai Payangan juga memiliki spot terbaik, yang dilengkapi dengan beragam spot selfie yang instagramable, dengan latar view pantai, yaitu Bukit Samboja.


Meskipun pasir pantai ini hitam, namun view pantainya sangat indah. Dari mulai batuan karang di tengah pantai, hingga fasilitas wisata yang memanjakan pengunjung, seperti berkuda di area pasir pantai.


Lokasi Pantai Payangan berada di alamat dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.


Sedangkan harga tiket masuk Pantai Payangan Rp. 5.000 per orang.


8.Teluk Love


Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam dengan panorama romantis. Dinamakan Teluk Love karena jika dilihat dari atas bukit akan berbentuk seperti jantung hati. Suasana alam yang sangat damai dengan beragam spot menarik. Teluk Love menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Kabupaten Jember, Jawa Timur.


Saat berada diatas ketinggian, pengunjung bisa menikmati pemandangan dan panorama alam yang mengesankan. Ditambah dengan adanya Gembok Cinta yang terkenal dengan mitos cinta abadinya.


Pengunjung juga dapat mengunjungi bibir pantai dengan pasir hitamnya yang eksotis. Lokasi wisata Teluk Love ini berdekatan dengan salah satu pantai populer di Jember yaitu pantai Payangan.


Kegiatan yang tidak boleh dilewatkan di sana adalah menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam indah, romantis dan mengesankan.


Alamatnya berada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jam Buka Setiap hari 24 jam.


Sedangkan harga Tiket Masuk : Rp.8.000,-


9.Taman Botani Sukorambi


Taman Botani Sukorambi menjadi tempat favorit wisata keluarga di Jember. Tempat wisata ini menawarkan spot menarik dengan beragam wahana seru yang dapat dimainkan. Memiliki konsep mengedepankan rekreasi sambil belajar dan cocok untuk semua umur.


Selain menikmati panorama alam, Taman Botani Sukorambi menyediakan berbagai kegiatan alam terbuka yang seru dan menarik. Seperti waterpark, mini zoo, berkuda, outbond, flying fox hingga nongkrong di cafe tebing.


Taman Botani Sukorambi Jember juga memiliki beragam koleksi tanaman dan hewan. Dilengkapi dengan berbagai spot foto instagramable dengan fasilitas yang nyaman dan memadai.


Alamatnya berada di Jl Mujahir, Krajan, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jam Buka : Setiap hari. 07.00 WIB – 16.30 WIB.


Sedangkan Harga Tiket Masuk : Rp.20.000,-.


10.Bukit Samboja


Objek wisata Bukit Samboja Jember ini letaknya masih satu kawasan dengan Pantai Payangan. Pantai Payangan sendiri diapit oleh beberapa bukit, dan Bukit Samboja adalah salah satunya.


Bukit Samboja berlokasi di pinggir pantai, dan bukit ini bukanlah sebuah bukit karang. Bukit Samboja merupakan sebuah bukit tanah yang dipenuhi dengan rumput hijau dan langsung menghadap ke laut luas.


Diatas Bukit Samboja, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan lautan biru yang membentang luas. Menjelang petang, Bukit Samboja akan dihiasi dengan keindahan langit senja. Disini wisatawan juga akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbenam. Suara deburan ombak dan langit senja yang terlihat hangat.


Alamat : Dusun Payangan, Watu Ulo, Ambulu, Sidomulyo, Sumberrejo, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Jam Buka : Setiap hari. 05.00 WIB – 18.00 WIB.


Sedangkan harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,-


11.Tiara Jember Park Waterboom


Tiara Jember Park Waterboom merupakan salah satu tempat liburan favorit di Jember. Mengusung konsep edukatif, dinamis dan kreatif dengan mengutamakan kualitas pelayanan terbaik.


Tempat liburan ini menawarkan 6 kolam waterboom dan memiliki sumber air yang jernih. Tersedia berbagai wahana permainan yang cukup lengkap hingga area hijau yang luas. 


Wahana yang terdapat disini diantaranya wahana bianglala, perahu ayun, kolam sport, kolam playground hingga kolam race bowl. Dan tersedia juga kegiatan outbond hingga flying fox dan sejumlah kegiatan seru lainnya.


Tidak hanya menawarkan kolam renang yang luas. Disini juga terdapat danau buatan, kolam belerang, speed boat hingga penginapan. Tiara Jember Park Waterboom juga menawarkan wisata kuliner, terdapat area makanan yang bersih dan nyaman untuk dinikmati.


Alamatnya berada di Jl. Kaliurang, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jam Buka : Setiap hari. 08.00 WIB – 22.00 WIB.


Sedangkan harga Tiket Masuk : Rp 25.000/orang.


12.Pantai Cemara


Jember merupakan sebuah kabupaten yang berada di wilayah pantai selatan. Memiliki beberapa tempat wisata laut yang menghampar dengan pantainya yang indah, Salah satunya adalah destinasi wisata Pantai Cemara.


Sesuai namanya, ciri khas dari Pantai Cemara adalah pantainya diisi dengan rapatnya pepohonan cemara. Pohon cemara yang ditanam rapi dengan luas bidang yang sangat luas. Barisan pohon cemara dengan ukuran tidak terlalu besar ini menjadikan kondisi pantai disini menjadi sangat sejuk dan indah.


Pantai Cemara memiliki ombak yang sangat besar. Pengunjung sangat tidak disarankan untuk bermain air apalagi berenang. Kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di tempat ini hanya bisa bersantai menikmati angin pantai bersama keluarga. Bermain pasir atau menikmati keindahan pantai diatas Hammock.


Alamat : Dusun Getem, Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa timur. Jam Buka : Setiap hari. 24 jam.


Sedangkan harga Tiket Masuk : Tidak dikenakan biaya tiket masuk. Pengunjung cukup membayar jasa parkir motor Rp.5.000,- dan jasa parkir mobil Rp.10.000,-.


13.Wisata Simbat Jember


Nama Simbat adalah singkatan dari Sukmo Ilang Manggar Babatan. Sukmo Ilang merupakan nama tempat, Manggar adalah nama dari gunung. Sedangkan Babatan adalah nama dari pengelola objek wisata Simbat ini.


Simbat merupakan sebuah objek wisata instagenic yang lokasinya berada di pegunungan. Disini anda akan menemukan berbagai spot foto keren, menarik dan instagramable. Berswafoto dengan latar pegunungan dan pemandangan alam yang hijau royo royo.


Beberapa spot foto yang tersedia di wisata Simbat diantaranya terdapat spot rumah pohon, sangkar burung dan bangku melayang. Selain itu terdapat spot foto unik lainnya seperti tempat duduk lingkaran dan spot bingkai foto.


Alamatnya : Dusun Krajan, Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan, Jember Jawa Timur.

Jam Buka : Setiap hari. 07.00 WIB -16.30 WIB.


Sedangkan harga Tiket Masuk : Rp.5.000,-.


14.Mumbul Garden


Mumbul Garden merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang cukup populer di Kabupaten Jember. Tempat wisata ini juga dikenal dengan kolam renang atau pemandian Mumbul Garden. Mumbul Garden merupakan salah satu objek wisata milik PTPN VII (Persero) Kebun Mumbul.


Kawasan taman rekreasi yang memiliki fasilitas kolam renang berbagai ukuran. Terdapat wahana seru seperti permainan air, kolam perahu atau jet ski. Kegiatan alam terbuka seperti outbond, ATV dan flying fox.


Tidak hanya menawarkan kolam renang saja, tempat wisata ini juga memiliki taman dengan suasana asri. Pengunjung bisa berjalan-jalan menyusuri dan menikmati keindahan kebun. Bagi yang ingin menginap di Mumbul garden sudah tersedia Guest House. Tempat wisata ini juga memiliki ruang pertemuan berkapasitas 300 orang, cocok buat rapat.


Alamatnya berada di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jam Buka : 07.00 WIB – 17.00 WIB.


Sedangkan harga Tiket Masuk : Rp. 15.000,-


15.Dira Park Ambulu


Dira Park Ambulu Jember merupakan destinasi wisata keluarga lengkap dengan berbagai wahana dan fasilitas. Sebuah taman rekreasi yang sangat terjangkau dan cocok untuk semua lapisan masyarakat.


Di Tempat wisata ini pengunjung akan menemukan berbagai wahana permainan seru dan menarik. Mulai dari wahana permainan air, permainan outdoor, spot foto instagenic hingga wisata kuliner.


Selain tersedianya berbagai wahana seru, tersedia juga fasilitas baru yaitu taman bunga Dira park. Ditaman ini terdapat spot foto unik dan menarik. Bunga cantik dan rumah warna-warni, rumah ala Jepang, miniatur kincir angin.


Alamatnya berada di Jl. Kota Blater No.KM.4, Watukebo, Andongsari, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jam buka : 07.30 WIB - 17.00 WIB.


Sedangkan harga Tiket Masuk : Rp.15.000,-c/ orang (Anak diatas 1 tahun dikenakan tiket masuk).


16.Pantai Watu Ulo


Pantai Watu Ulo dapat diartikan sebagai pantai batu ular. Yang melatarbelakangi penyebutan nama Watu Ulo sendiri yaitu terdapatnya susunan batu panjang yang menjorok ke pantai yang menyerupai bentuk ular.


Pantai Watu Ulo adalah salah satu destinasi wisata alam pantai yang berada di pesisir selatan Kabupaten Jember. Pantai yang cukup populer di Jember karena memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.


Memiliki pantai yang indah dengan pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Air lautnya jernih kebiruan dengan hamparan pasir putih. Mengunjungi pantai Watu Ulo, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai spot foto instagramable.


Alamatnya berada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur.


Sedangkan harga Tiket Masuk : Rp.7.500,-

Jam Buka : Setiap hari. 24 jam.


17.Air Terjun Tancak Panti Jember


Air Terjun Tancak Panti Jember adalah salah-satu air terjun, atau curug tertinggi yang ada di Jember. Pesona keindahannya sudah tersaji saat trekking menuju lokasi utama air terjun.


Lokasi dan alamat Air Terjun Tancak terletak di daerah perbukitan Tancak di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur


Perkebunan kopi menjadi view “pemanasan” bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan wisata ini. Setelah sampai, pengunjung akan melihat sebuah air terjun yang tinggi, mengalir jatuh dari tebing batu yang kokoh sehingga rasa capek saat mendaki akan lenyap seketika, (kecuali pulangnya).


Harga tiket masuk Air Terjun Tancak Panti Jember gratis.


Catatan : Pengunjung hanya wajib membayar biaya parkir saja, (biar kendaraan aman sentosa)


18. Air Terjun Antrokan Tanggul Jember


Masih seputar wisata air terjun, selanjutnya adalah Air Terjun Antrokan Tanggul Jember, Sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 54 meter.


Air Terjun Antrokan belum cocok sebagai wisata keluarga di Jember. Tetapi, bagi muda-mudi atau mahasiswa yang suka dengan petualangan, maka Air Terjun Antrokan bisa menjadi salah-satu pilihannya.


Kunjungan wisata ke Air Terjun Antrokan diusahakan jangan di saat puncak musim hujan. Karena airnya akan sangat deras. 


Lokasi dan alamat Air Terjun Antrokan Tanggul berada di alamat Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.


Harga tiket masuk Air Terjun Antrokan gratis.


19. Situs Duplang Arjasa Jember


Situs Duplang menjadi wisata edukasi Jember yang sangat direkomendasikan sebagai destinasi wisata keluarga, saat liburan tiba. Karena Situs Duplang adalah situs purbakala di zaman Megalitikum.


Bahkan, di Situs Duplang bukan hanya terdapat satu situs, atau batuan saja. Terdapat banyak sekali batu-batu purbakala, yang pertama kali ditemukan pada abad ke 10.


Lokasi dan alamat Situs Duplang berada di alamat Dusun Duplang, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.


Harga tiket masuk Situs Duplang gratis.


20. Museum Huruf Jember


Satu lagi wisata di Jember yang mampu menyajikan nilai edukasi bagi para wisatawan yang datang. Yaitu Museum Huruf Jember.


Sejarahnya Museum Huruf Jember lahir dari sebuah kepedulian terhadap generasi penerus, tentang kelestarian, aksara, dan dialektika yang ada di Nusantara.


Museum Huruf Jember sangat direkomendasikan sebagai wisata keluarga di akhir pekan. Cocok untuk mengajarkan anak-anak kita tentang dialektika, serta aksara yang ada di Republik Indonesia ini yang sangat beragam.


Lokasi dan alamatnya Museum Huruf Jember berada di Jalan Bengawan Solo No. 27, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.


Harga tiket masuk Museum Huruf Jember gratis.



Pewarta : Nur

Editor

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama