Kabar Gunung Semeru Meletus Kembali, Begini Profilnya

Foto Gunung Semeru 


Bacadoloe.com - Salah satu gunung aktif di Indonesia yakni Semeru. Dikabarkan pada  Minggu, 4 Desember 2022 mengeluarkan lahar panas lagi.

Letusan Semeru kali ini mengandung tanda tanya besar. Kenapa tidak? Pasalnya gunung ini setahun silam secara bertepatan meletus pada tanggal yang sama yakni 4 Desember 2022.

Kejadian letusan gunung Semeru yang kembali lagi, sontak banyak masyarakat yang bertanya-tanya ingin mengetahui tentang Gunung Semeru.

Sekilas profil tentang Gunung Semeru. Gunung ini barada kawasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Diketahui Gunung Semeru merupakan gunung yang tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).

Sebagaimana disebut gunung ini terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur.

Bahkan gunung aktif ini tercatat sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani.

Iklim di Gunung Semeru merupakan paduan dari iklim B dengan dengan curah hujan 927 mm - 5.498 mm per tahun dengan jumlah hari hujan 136 hari/tahun dan musim hujan jatuh pada bulan November - April.

Sementara suhu udara di puncak Semeru berkisar antara 0 - 4 derajat celcius, suhu rata-rata berkisar antara 3 °C - 8 °C pada malam dan dini hari, sedangkan pada siang hari berkisar antara 15 °C - 21 °C.

Namun pada beberapa daerah kadang-kadang terjadi hujan salju kecil pada saat perubahan musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

Secara letak, Gunung Semeru jika dilihat dengan koordint ada di 8°6′28.8″S 112°55′12.0″EKoordinat: 8°6′28.8″S 112°55′12.0″E .

Gunung yang sering meletus  ini memiliki kawah yang diberi nama Kawah Jonggring Seloko.

Catatan sejarah gunung ini pertama kali meletus pada tahun 1818. Hingga saat ini Gunung Semeru erupsi setelah tepat satu tahun mengalami erupsi besar di tanggal yang sama 4 Desember 2021.

Pewarta: Hendra

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama