HMPS MPI STAI Al-Utsmani Bondowoso Gelar Kajian Kepemimpinan Di Era Milenial

Kajian rutin HMPS MPI Al-Utsmani Bondowoso

Bacadoloe.com - Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) periode 2022/2023 telah mengadakan kajian kedua yang bertempat di Ruang Auditorium Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Utsmani Bondowoso yang bertemakan “KEPEMIMPINAN DI ERA MILENIAL," Kamis (01/12/2022).

Kajian yang diadakan oleh HMPS MPI, ini merupakan salah satu kinerja yang harus dilakukan untuk  mengembangkan pengetahuan mahasiswa dan mahasiswi STAI Al-Utsmani, khususnya yang MPI dalam wawasannya, yang masih belum mereka dapatkan di bangku perkuliahan.

Pada acara kajian kali ini mahasiswa dan mahasiswi di harapkan mampu untuk memahami tentang menjadi seorang pemimpin, yang pada kajian ini panitia menghadirkan pemateri Bapak Zamilul Mas’ad, M.Pd. Beliau adalah dosen tetap di STAI Al-Utsmani Bondowoso, beliau juga termasuk tenaga pengajar di SMK Tenggarang 1.

Acara ini dibuka dengan pembacaan Tawassul yang di bawakan oleh Nur Muhammad Shohibul Izar yang juga termasuk Master of Cremoning (MC) di acara kajian kali ini, di lanjutkan pada acara yang ke-Dua yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hubbul Whatan serta MARS STAI Al-Utsmani, semua peserta sangat begitu meresapi ketika menyanyikannya.

Acara selanjutnya yaitu sambutan, yang mana pada sambutan yang pertama ini di isi oleh ketua panitia yaitu Muhammad Mahfud yang juga termasuk Wakil Ketua HMPS MPI, salah satu isi dari sambutannya dia mengatakan “Hari ini merupakan proses bagi kita, proses untuk menggapai cita-cita yang telah di tanam sejak dulu, maka dari itu di haruskan kepada mahasiswa untuk bisa berproses, karena proses itu yang akan mengantarkanmu pada jalan yang lebih baik. Proses takkan mengkhianati hasil, jangan pernah takut untuk berproses karena rasa takut itu merupakan kesalahan besar dalam berproses,” ujarnya.

Kemudian sambutan yang ke-Dua di sampaikan oleh REKTOR STAI Al-Utsmani Bondowoso, yaitu Ibu Dawimatus Sholiha, S. Pd. M. E. dalam sambutannya beliau sangat mendukung terhadap diadakannya kajian, karena kajian itu bisa meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

Sambutan yang ke-Tiga di sampaikan oleh bapak Heridianto, M. Ag. Selaku pembantu ketua III di bidang kemahasiswaan, beliau dalam sambutannya memberi arahan kepada para peserta bagaimana yang harus mereka lakukan ke depannya, dan juga memberi arahan dari di terbitkannya Buletin Sajadah yang disusun oleh segenap anggota HMPS MPI yang juga merupakan buletin pertama yang di terbitkan oleh organisasi intra di STAI Al-Utsmani Bondowoso.

Di lanjutkan pada acara yang ke-Empat yaitu launching Buletin Sajadah yang di pandu langsung oleh Pemimpin Redaksi yaitu Muhammad Mahfud dan dibantu oleh anggota HMPS MPI. Dia mengatakan bahwa “Acara peresmian ini merupakan sebuah momen yang sangat begitu membanggakan bagi kami selaku penyusun Buletin Sajadah, momen ini adalah momen yang yang takkan pernah terlupakan bagi kami, sebagai Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Pendidikan Islam (MPI)," ungkapnya.

Dalam peresmian itu langsung di tanda-tangani oleh Ibu Dawimatus Sholiha, S. Pd. M. E. Pembantu Ketua (PK) III Bapak Heridianto M. Ag. dan KAPRODI MPI Bapak Zamilul Mas’ad, M. Pd.

Acara kajian terus berjalan dengan lancar, ya meskipun tidak sesuai dengan apa yang telah di rencanakan oleh panitia.

Setelah acara launching selesai, di lanjutkan pada acara yang sudah di tunggu-tunggu oleh semua peserta yaitu acara inti kajian dengan tema “KEPEMIMPINAN DI ERA MILENIAL” yang disampaikan oleh Bapak Zamilul Mas’ad, M. Pd. Sebenarnya bukan beliau yang di tunjuk sebagai pemateri, pemateri yang di tunjuk oleh panitia pada kajian ini tidak bisa hadir di karenakan ada halangan, yang membuatnya tidak bisa hadir, sehingga semua panitia menunjuk Bapak Zamil sebagai penggantinya.

Meskipun pemateri tidak sesuai dengan konsep yang sudah di siapkan oleh panitia, namun penyampaian dari beliau sangat begitu menarik sehingga semua peserta mendengarkannya dengan sangat antusias. Penyampaian materi beliau sangat begitu detail dan ringkas sehingga semua peserta bisa memahaminya dengan mudah.

Beliau tidak hanya menyampaikan materi saja, namun juga menampilkan beberapa foto para pemimpin dan video mengenai kepemimpinan, agar materi yang beliau sampaikan itu bisa di pahami dengan mudah oleh semua peserta.

Sebagian dari yang di sampaikan beliau mengenai kepemimpinan yaitu “Dalam sebuah organisasi itu di perlukan sebuah kekompakan antara pemimpin dan bawahannya agar semua pekerjaan yang diembankan itu bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan harapan dan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan dalam organisasi tersebut.” ujar beliau di tengah-tengah penyampaiannya.

Itulah berita mengenai kajian yang dilakukan oleh anggota HMPS. MPI. STAI. Al-Utsmani bondowoso. 

Akhir kata dari kami “Jadilah pemimpin yang baik yang bisa membuat perubahan, pemimpin yang bisa membawa orang di pimpinnya pada jalan yang lebih baik. Jadilah pemimpin yang bijaksana," tutupnya.


Pewarta : Mahfud

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama