Fix! Jadwal Lanjutan Liga 1 Dapat Izin Kapolri, Ketum PSSI Dan Persib Bandung Senang Bukan Main

Loga resmi BRI Liga 1 dan 18 gambar logo klub kontestan

Bacadoloe.com - Lanjutan Liga 1 2022/2023 akan kembali dilaksanakan pada 5 Desember mendatang. Kepastian tersebut didapatkan usai Mabes Polri mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga, Jumat (02/12/2022) malam WIB.

Kompetisi Liga 1 atau kasta teratas olahraga sepakbola Tanah Air tersebut sudah dihentikan sejak awal Oktober 2022. Penyebabnya, karena terjadinya tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

Meski kembali dilanjutkan, Liga 1 disepakati menggunakan format yang berbeda. Semua pertandingan dimainkan dengan sistem bubble di Jawa Tengah dan Yogyakarta dan tanpa penonton hingga putaran pertama selesai pada akhir Desember mendatang.

Setidaknya ada lima stadion yang disiapkan untuk menggelar pertandingan Liga 1. Mulai dari Stadion Manahan (Solo), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion M Soebroto (Magelang), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Kendati demikian, pada putaran kedua Liga 1 format bakal kembali seperti semula. Klub akan memainkan pertandingan secara kandang dan tandang dengan jumlah penonton yang dibatasi.

Sehubungan dengan kabar gembira atas ditetapkannya gelaran kompetisi Liga 1, Ketum PSSI sangat bersyukur dan merasa senang atas izin yang diberikan oleh Kapolri. Ia juga tidak lupa menyatakan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan dukungan untuk pesepakbolaan Tanah Air. 

"Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang terus memberi perhatian luar biasa kepada sepakbola Tanah Air. Terima kasih juga kepada Menpora Bapak Zainudin Amali yang tanpa kenal lelah membantu PSSI atas begulirnya kembali kompetisi," Ucap ketua umum PSSI Mochamad Iriawan dikutip dari laman resminya. 

"Terima kasih juga kepada Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas izin keramaian yang telah diberikan dan tak lupa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atas kembali digulirkannya kompetisi," Ujar sosok yang karib disapa Iwan Bule tersebut menambahkan.

Sejatinya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi profesional Tanah Air berencana memulai lagi Liga 1 pada 2 Desember 2022. Akan tetapi, lantaran Mabes Polri harus meninjau sekaligus memastikan sistem manajemen pengamanan di lima stadion itu, lanjutan kompetisi kemudian ditunda.

Ditempat terpisah, Persib Bandung sangat antusias dan menyambut baik rencana bergulirnya kembali kompetisi Liga 1 2022/2023 pada 5 Desember mendatang, setelah sempat tertunda dari rencana awal yang seharusnya digulirkan pada 2 Desember 2022.

"Ini kabar baik yang ditunggu-tunggu oleh publik sepakbola nasional, termasuk Persib. Kami sangat antusias menyambut lanjutan kompetisi ini," Ujar Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono, melalui laman resmi klub, Sabtu (3/12/2022).

Oleh karenanya, atas nama PT PBB, Teddy menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk pemerintah, dalam hal ini Mabes Polri, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, dan juga jajaran direksi baru PT LIB.

Sebagai informasi, saat ini Borneo FC menduduki peringkat pertama klasemen Liga 1. Klub asal Samarinda tersebut mengumpulkan 23 poin dari 11 pertandingan yang sudah dimainkan.


Pewarta: Eru

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama