Demi Keberhasilan TKM Pemula Dalam Mengelola Usaha di Bondowoso, Berikut Kriteria Monitoring yang dilakukan TKS Bondowoso

TKS saat melakukan monitoring ke TKM Pemula di Bondowoso

Bacadoloe.com - Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Pemula merupakan program Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) yang mengakomodir masyarakat para pencari kerja.

TKM Pemula mereka yang ingin terlibat langsung pada kegiatan ekonomi secara tidak formal dan bekerja tanpa perjanjian kerja.

Ada sebanyak 10 kelompok usaha di Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan dan Desa Binakal Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso yang menerima program bantuan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Pemula dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia.

Kelompok diatas tertuang dalam Surat Tugas Nomer: 3/580/PK.03.02/XI/2022 Direktoral Jendral Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja menugaskan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) atas nama Heridianto untuk mendampingi TKM Pemula. Kamis, (10/11/2022).

Jenis usaha yang mendapatkan bantuan TKM pemula yakni, pertanian dan peternakan, perikanan dan kelautan, jasa boga, usaha kreatif dan perdagangan barang/jasa.

Sedangkan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) merupakan salah satu bentuk perluasan kesempatan kerja diluar hubungan kerja. TKS bertugas mendampingi tenaga kerja mandiri (TKM) Pemula dalam mengelola usahanya.

Dengan pendampingan diharapkan bisa menekan angka pengganguran masyarakat di Indonesia. Sebagai wujud kongkrit TKS dalam mendampingi TKM Pemula, ada enam kriteria Monitoring yang baik TKS yang harus dilaksanakan.

Pertama, adanya perencaan awal. Pendampingan TKS dilaksanakan secara terencana dan sistematis sejak perencanaan hingga pelaporan.

Kedua, merupakan bagian dari perencanaan program kerja. Pendampingan TKS merupakan bagian dari kerangka kegiatan pendayagunaan TKS.

Ketiga, penentuan indikator. Adanya indikator capaian tujuan yang terumuskan dengan jelas dan operasional, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Keempat, merupakan forum pembelajaran bersama. Kegiatan monitoring merupakan suatu upaya pembelajaran bersama bagi setiap pihak yang terlibat dalam kegiatan pendampingan kewirausahaan.

Kelima, prinsip pemberdayaan.

Menjunjung tinggi prinsip pemberdayaan masyarakat, seperti partisipatif, terbuka, setara, jujur, berjiwa besar dan terpadu.

Keenam, penggunaan cara yang menarik. Menggunakan cara yang baik melalui refleksi bersama, curah pendapat dan belajar dari pengalaman.


Pewarta : E Yan

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama