Bukan Hanya Tugu Pahlawan, Berikut 5 Monumen Paling Ikonik Di Surabaya

Tugu Pahlawan salah satu Monumen paling ikonik di Surabaya

Bacadoloe.com - Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan yang semua orang sudah tentu tahu, bahkan disebut-sebut sebagai kota terbesar kedua di Indonesia. Salah satu yang paling familiar tentu adalah Tugu Pahlawan. 

Sepintas ketika berbicara mengenai Surabaya, pasti yang terlintas adalah Monumen Tugu Pahlawan sebagai warisan bersejarah untuk warga Kota Pahlawan tersebut. 

Selain banyak gedung tinggi, Kota Pahlawan tersebut juga punya banyak monumen yang ikonik selain Monumen Tugu Pahlawan. 

Setiap monumen menyimpan cerita, setiap cerita memiliki banyak makna.

Namun kali ini, tim bacadoloe mencoba merangkum sederet beberapa Monumen yang paling ikonik di Surabaya. Mulai dari Tugu Pahlawan hingga Monumen Jalesveva Jayamahe.

Berikut ini 5 Monumen paling ikonik di Surabaya serta ulasan singkatnya:

1. Tugu Pahlawan

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan merupakan Monumen paling ikonik pertama di Surabaya, sebuah Tugu yang menjulang tinggi di Jalan Pahlawan. Tugu yang menyimpan banyak sejarah ini dibuat dengan 10 lengkungan, 11 bagian dan 45 yard.

Angka-angka tersebut bukan angka sembarangan, melainkan merupakan simbol dari 10 November 1945. Momen terjadinya pertempuran besar pecah di Surabaya.

2. Monumen Bambu Runcing

Monumen Bambu runcing di kota Surabaya

Kemudian di urutan kedua, ada Monumen Bambu Runcing berada di Jalan Panglima Sudirman. Monumen ini terdiri dari 5 pilar.

Disebutkan waktu zaman penjajahan, bambu runcing menjadi salah satu senjata andalan Arek-arek Suroboyo. Termasuk dalam Pertempuran 10 November 1945.

3. Monumen Kapal Selam


Monumen Kapal Selam di kota Surabaya

Kemudian berikutnya Monumen Kapal Selam (Monkasel), sebuah Monumen ikonik yang berada di Jalan Embong Kaliasin. Tepatnya di sebelah Plaza Surabaya.

Monumen Kapal Selam tersebut merupakan KRI Pasopati 410. Untuk menjadi monumen seperti saat ini, kapal tersebut sempat dipotong menjadi beberapa bagian, lalu dirakit kembali hingga utuh.

4. Patung Suro dan Boyo

Monumen Patung Suro dan Boyo di Kota Surabaya

Nomor empat, Patung Suro dan Boyo disebutkan ada di tiga lokasi. Ada di depan Kebun Binatang Surabaya, di Taman Skate, dan di Bundaran Jalan Tanjung Priok.

Patung Suro dan Boyo merupakan monumen yang paling identik dengan Surabaya. Terlebih, legenda di balik patung ini menerangkan asal-usul nama Surabaya.

5. Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe di kota Surabaya

Monumen Jalasveva Jayamahe kerap disebut Monjaya. Ini merupakan patung yang merepresentasikan seorang perwira TNI Angkatan Laut, yang mengenakan atribut lengkap tengah menatap laut.

Monjaya berdiri di atas gedung setinggi 29 meter. Tinggi patungnya mencapai 31 meter.


Pewarta : Eru

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama