6 Pemain Termuda Timnas Indonesia Di AFF 2022, Yang Terakhir Diincar Feyenoord

Potret pemain muda Timnas Indonesia, Elkan Baggott saat berlatih bersama skuad garuda


Bacadoloe.com - Pelatih Timnas Indonesia telah mengumumkan nama-nama pemain yang akan di proyeksikan membela Garuda di AFF 2022. Dari beberapa nama tersebut, terdapat sejumlah nama pemain muda Timnas Indonesia yang diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya di level Internasional. 

Dari beberapa pemian muda Timnas Indonesia, terdapat 6 pemain paling muda di skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Marselino Ferdinan menjadi pemain paling muda dari 28 pemain yang dipilih pelatih Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2022.

Bahkan, kehebatan Marselino Ferdinan selalu mencuri perhatian para pecinta sepakbola tanah air. Aksi-aksinya di dalam lapangan, bahkan menarik minat klub luar negeri. Terbaru, sang pemain dikabarkan akan segera bergabung dengan Feyenoord. 

Seperti biasa, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong selalu memberi banyak kesempatan bagi pemain muda untuk membela Timnas Indonesia. Namun, bukan berarti pelatih asal Korea Selatan itu 'alergi' dengan pemain senior atau pemain yang kenyang pengalaman di level Timnas.

Selain beberapa pemain muda Timnas Indonesia yang telah disebutkan, ada tiga pemain yang telah berusia 30 tahun atau lebih di skuad garuda. Tiga pemain tersebut adalah Ilija Spasojevic (35), Fachruddin Aryanto (33), dan Jordi Amat (30). Mereka akan membaur dengan banyak pemain muda.

Ada enam pemain muda di skuad Timnas Indonesia yang usianya 20 tahun atau di bawahnya. Di antara pemain itu, ada pemain yang sudah jadi pilihan utama di Timnas Indonesia.

Berikut 6 pemain paling muda di Timnas Indonesia:

1. Pratama Arhan

Pratama Arhan masih masuk daftar pemain paling muda Timnas Indonesia untuk turnamen Piala AFF 2022. Saat ini, pemain Tokyo Verdy masih berusia 20 tahun dan menjadi pemain termuda ke-6 di skuad Timnas Indonesia.

Pratama Arhan baru akan memasuki usia 21 tahun pada 21 Desember nanti. Dua hari setelah ulang tahunnya, Arhan akan membela Timnas Indonesia pada laga melawan Kamboja. Ini adalah laga pertama Skuad Garuda di Piala AFF 2022.

Usia Pratama Arhan memang masih sangat muda saat ini. Namun, pengalamannya membela Timnas Indonesia sudah cukup panjang. Arhan punya 22 caps dan telah mencetak tiga gol untuk Indonesia.

2. Elkan Baggott

Urutan kedua, nama Elkan Baggott masuk dalam daftar pemain paling muda Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Bek yang membela Gillingham FC itu baru berusia 20 tahun. Ulang tahun ke-20 dirayakan Baggott pada Oktober lalu.

Elkan Baggott bermain secara reguler bersama Gillingham FC. Walau terseok-seok di League Two, Baggott mampu membawa The Gills meraih hasil bagus di Carabao Cup dan Piala FA.

Hanya saja, untuk sementara ini Baggott tidak bisa bergabung dengan latihan Timnas Indonesia. Bahkan, Baggott dilaporkan tak bisa bermain pada fase grup Piala AFF 2022 nanti.

3. Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta memberi harapan baru regenerasi penyerang tengah Timnas Indonesia. Sananta tampil bagus bersama PSM Makassar di BRI Liga 1 2022/2023, mencetak tiga gol dari tujuh laga.

Ramadhan Sananta yang baru akan merayakan ulang tahun ke-20 pada November lalu. Pada usianya yang masih muda, Sananta sudah punya dua caps bersama Timnas Indonesia. Dia dimainkan pada dua laga uji coba lawan Curacao.

Memang Ramadhan Sananta belum menunjukkan performa yang optimal pada laga tersebut. Namun, dengan pengalaman dan tangan dingin Shin Tae-yong, Sananta bisa menjadi pemain yang menjanjikan.

4. Dzaky Asraf

Nama ke-empat, Dzaky Asraf mungkin belum cukup familiar bagi publik sepak bola Indonesia. Maklum, karier Dzaky Asraf pada level senior baru dimulai pada musim 2022/2023 bersama PSM Makassar.

Dzaky Asraf belum pernah membela Timnas Indonesia, baik di level senior maupun kelompok usia pada laga resmi. Namanya mencuat usai ikut traning camp (TC) Indonesia U-20 di Turki dan Spanyol.

Dzaky Asraf berposisi sebagai winger kiri. Dia telah menunjukkan kualitas di PSM Makassar dan Indonesia U-20. Dzaky bisa jadi kejutan di Piala AFF 2022 nanti.

5. Muhammad Ferarri

Selanjutnya, ada Muhammad Ferarri secara mengejutkan masuk skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Sebab, selain usia yang masih muda, ada persaingan sangat ketat di posisi bek tengah.

Ferarri baru berusia 19 tahun. Dia baru punya satu caps bersama Timnas Indonesia. Ferarri mendapatkan caps pertama itu ketika Indonesia melakukan uji coba lawan Curacao, September lalu. Ferarri bermain selama 17 menit.

Walau muda dan minim pengalaman, Ferarri tak bisa dianggap remeh. Ferarri adalah kapten Indonesia U-20. Ferarri juga sudah bermain untuk tim senior Persija Jakarta.

6. Marselino Ferdinan

Marselino menjadi pemain paling muda di skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Saat ini, pemain Perebaya Surabaya itu baru berusia 18 tahun. Ulang tahun ke-18 dirayakannya pada September lalu.

Walau masih sangat muda, Marselino punya jam terbang yang lumayang bersama Timnas Indonesia. Memulai debut pada usia 17 tahuh, 4 bulan, dan 18 hari, Marselino sudah punya tujuh caps dan satu gol.

Marselino juga pernah membela Indonesia pada kelompok umur, U-19 dan U-23. Saat ini, Marselino masih bisa membela tim kelompok usia tersebut.

Pewarta : Eru

Editor: Asy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama