5 Sungai Terpanjang Di Indonesia, Ada Yang Dari Jawa Timur?

Salah satu sungai terpanjang, Sungai Musi di Palembang Sumsel

Bacadoloe.com - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki banyak sungai dengan berbagai ukuran baik besar atau kecil. Ada beberapa sungai terpanjang di Indonesia yang terkenal, dan itu tersebar di sejumlah wilayah.

Sungai-sungai ini banyak dijadikan jalur transportasi, sumber mata pencarian serta habitat hewan dan tumbuhan. Dari lokasinya, daftar sungai terpanjang ini berada di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan, tak ada yang dari Pulau Jawa. 

Indonesia tidak hanya terkenal dengan gugusan pulaunya yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia juga terkenal dengan ribuan sungai yang ada di masing-masing daerah. Dan terdapat sungai terpanjang di Indonesia, bahkan se Asia Tenggara. 

Dari ribuan sungai yang ada, terdapat sungai terpanjang di Indonesia yang tak hanya memiliki keindahan luar biasa, namun juga wisata bahari mendunia. 

Selain ada yang panjangnya mencapai hingga ribuan kilometer, sungai-sungai ini juga banyak dijadikan jalur transportasi, sumber mata pencarian serta habitat hewan dan tumbuhan. Setidaknya, terdapat 5 sampai 10 sungai terpanjang yang ada di Indonesia. 

Nah, berikut daftar sungai terpanjang di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dikutip dari beberapa sumber, Sabtu, (10/12/2022).

5 Sungai Terpanjang di Indonesia:

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas berada di urutan awal sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Dengan panjang total mencapai 1.143 km atau 68,39 persen dari total luas Provinsi Kalbar (146.807 km²), sungai ini mengalir dari Kabupaten Kapuas Hulu hingga Kota Pontianak, yang melintasi 7 kabupaten lainnya. 

Sungai terpanjang yang satu ini, disebut melewati mulai dari Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah.

Banyak masyarakat di Kalimantan Barat sangat bergantung pada keberadaan Sungai Kapuas, mulai dari aktivitas permukiman, pelayaran, perdagangan, industri serta pariwisata. Konsekuensinya, dampak dari berbagai aktivitas tersebut menyebabkan penurunan kualitas lingkungan sungai dan kehidupan penduduk di sekitarnya.

2. Sungai Mahakam

Sungai terpanjang di Indonesia yang menempati urutan kedua masih berada di Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur, yakni Sungai Mahakam. 

Sungai yang panjangnya disebut mencapai 920 Km ini memiliki hulu di Gunung Cemary, Pegunungan Muller dan muara di Selat Makassar. Sama seperti Sungai Kapuas, Sungai Mahakam juga menjadi sumber air, mata pencaharian, serta jalur transportasi yang penting bagi masyarakat di Kalimantan.

Sungai terpanjang di Indonesia satu ini juga menjadi habitat bagi salah satu mamalia air yang kini telah langka keberadaannya, yaitu Pesut Mahakam.

3. Sungai Barito

Masih di wilayah Kalimantan, terdapat sungai terpanjang yang melintasi Provinsi Kalimantan Tengah hingga ke Kalimantan Selatan, yakni Sungai Barito, yang memiliki panjang 909 km. 

Selain menjadi pusat kegiatan perekonomian para nelayan, di beberapa titik sungai terpanjang di Indonesia ini bisa menemukan pasar terapung.

Salah satu jembatan ikonik yang melintasi salah satu sungai paling panjang di Indonesia adalah Jembatan Barito yang juga merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

4. Sungai Batanghari

Batang Hari (atau Sungai Hari) yang lebih dikenal juga dengan Sungai Batanghari adalah sungai terpanjang di pulau Sumatra yang terletak di provinsi Jambi dan Sumatra Barat, Indonesia.

Sungai ini panjangnya sekitar 800 Km. Mata airnya berasal dari Gunung Rasan (2585 m), dan yang menjadi hulu dari Batang Hari ini adalah sampai kepada Danau Di atas, yang sekarang masuk kepada wilayah Kabupaten Solok, provinsi Sumatra Barat, dan mengalir ke selatan sampai ke daerah Sungai Pagu, sebelum berbelok ke arah timur.

5. Sungai Musi

Sungai Musi memiliki panjang 750 kilometer dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera dibangun di atas Sungai Musi ini menjadi ikon yang sering dikunjungi wisatawan.

Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat. Sungai Musi dapat dicapai dengan menumpang taksi bandara langsung ke Sungai Musi atau arah Benteng Kuto Besak.


Pewarta : Eru

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama