10 Gunung Tertinggi Menurut Worldatlas Di Indonesia, Gunung Semeru Urutan Ke-4

Puncak Jaya Wijaya atau Gunung Jaya Wijaya yang disebut memiliki salju abadi

Bacadoloe.com - Gunung sering didefinisikan sebagai daratan yang tinggi dari kerak bumi. Beberapa penelitian mengungkapkan terdapat sekitar 108 gunung dengan ketinggian melebihi 7.200 meter.

Situs Worldatlas yang merupakan salah satu sumber data geografi menghimpun data ketinggian gunung di berbagai belahan dunia. 

Ada lebih dari 100 gunung di Tanah Air yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Berikut ini 10 gunung tertinggi di Indonesia.

Puncak Jaya Wijaya yang berada di Provinsi Papua disebut-sebut sebagai gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Kemudian untuk ketinggiannya Gunung Wijaya Papua mencapai 4.884 mdpl. 

Dalam daftar 10 gunung tertinggi ini, hampir kebanyakan gunung tersebut merupakan gunung berapi. Salah satunya Gunung Semeru yang erupsi pada Minggu (4/12/2022). 

Berikut 10 gunung tertinggi di Indonesia:

1. Gunung Puncak Jaya Wijaya

Puncak Jaya Wijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Tingginya mencapai 4.884 mdpl. Bahkan, Puncak Jaya Wijaya juga masuk dalam deretan gunung tertinggi di dunia.

Gunung ini berada di Provinsi Papua. Puncak Jaya Wijaya juga dikenal dengan sebutan Carstensz Pyramid

Gunung ini berada di titik koordinat S 04°04.733 dan E 137°09.572. Puncak Jaya Wijaya juga merupakan gunung kapur terbesar di Indonesia. Saking tingginya, di puncak gunung ini terdapat salju abadi.

2. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi kedua di Indonesia yakni Gunung Kerinci. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatra dan gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Tingginya mencapai 3.805 mdpl. Gunung Kerinci berada di perbatasan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatra Barat.

3. Gunung Rinjani

Gunung tertinggi selanjutnya di Indonesia yakni Gunung Rinjani. Gunung ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ketinggian Rinjani mencapai 3.762 mdpl. Gunung ini menyajikan pemandangan yang indah. Ada padang rumput yang luas dan hutan tropis.

Gunung ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani, yang memiliki luas sekitar 41.330 hektare.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Puncaknya dikenal dengan sebutan Mahameru.

Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan menjadi gunung tertinggi keempat di Indonesia.

Secara administratif, Gunung Semeru masuk dalam dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Lumajang di Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

5. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar juga masuk dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia. Meskipun tidak sepopuler gunung lainnya, Gunung Sanggar memiliki ketinggian 3.564 mdpl.

Gunung ini berada di Nusa Tenggara Barat. Gunung ini ditetapkan sebagai gunung tertinggi kelima di Indonesia.

6. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong dikenal dengan sebutan Bulu Rantemario. Gunung yang berada di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan ini memiliki ketinggian 3.478 mdpl.

Gunung Latimojong berada di tengah-tengah Sulawesi Selatan. Dari pusat Kota Makassar, pendaki membutuhkan waktu hingga 10 jam untuk mencapai kaki gunung.

7. Gunung Slamet

Gunung Slamet berada di Jawa Tengah dan memiliki ketinggian mencapai 3.428 mdpl. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa, setelah Gunung Semeru.

Gunung ini menjadi salah satu gunung yang masih aktif. Tercatat, gunung ini telah meletus sebanyak 42 kali.

8. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing menempati urutan kedelapan sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 3.371 mdpl.

Secara administratif, gunung ini berada di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Ada tiga jalur pendakian yakni jalur Cepit Parakan, jalur Bogowongso dan jalur Desa Garung.

9. Gunung Raung

Gunung Raung berada di ujung timur Pulau Jawa. Secara administratif, gunung ini termasuk dalam tiga kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember. Raung memiliki ketinggian 3.344 mdpl.

10. Gunung Ceremai

Gunung Ceremai atau Gunung Cereme merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini berada di dua kabupaten yakni Kabupaten Kuningan dan Majalengka.

Ceremai tingginya mencapai 3.078 mdpl. Saat ini, Ceremai masuk kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare.

Pewarta: Eru

Editor: Ady 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama