Versi QS WUR 2022, 5 Universitas Terbaik Indonesia dengan Lulusan Paling Cepat Dapat Kerja

Foto Universitas Diponegoro yang menempati posisi pertama versi QS WUR 


Bacadoloe.com - Sebuah lembaga pemeringkat atau yang memberikan penilaian terhadap perguruan tinggi Quacquarelli Symonds World University Rankings ( QS WUR ), baru saja merilis universitas dengan lulusan paling cepat dapat kerja pada tahun 2022.


Lembaga tersebut melakukan survei penilaian yang berisi peringkat universitas disusun berdasarkan kategori Graduate Employability Rankings (GER) 2022.


Penilaian versi QS WUR berdasarkan pada kecepatan dan ketepatan lulusan sebuah Perguruan Tinggi dalam mendapatkan pekerjaan setelah keluar dari dunia kampus.


Kalau dari website resmi QS, setiap universitas yang diperingkatkan telah menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan lulusan dengan soft skill yang dibutuhkan oleh tempat kerja modern sehingga bisa memenuhi ekspektasi yang dibutuhkan.


Pada zaman sekarang ini memang persaingan yang ketat dan lowongan pekerjaan yang terbatas, hal itu membuat setiap universitas harus mempersiapkan diri memberikan keterampilan yang memadai bagi para mahasiswa dan mahasiswinua agar memiliki daya saing yang kompeten di bidangnya.


Versi QS WUR ada lima indikator yang memengaruhi hasil peringkat, yaitu 30 persen reputasi pemberi kerja, 25 persen hasil alumni, 10 persen koneksi atasan-mahasiswa, 25 persen kemitraan dengan pengusaha, serta 10 persen tingkat kerja lulusan yang dijadikan poin atau tolak ukur dalam penilaian.


Dibawah 5 universitas terbaik Indonesia dengan lulusan paling mudah dapat kerja versi QS GER 2022.


1. Universitas Diponegoro (Undip), 251-300


Posisi pertama hasil penelitian QS GER 2022, Universitas Diponegoro (Undip) merupakan kampus terbaik Indonesia yang namanya pertama kali muncul dalam list yang memiliki mahasiswa lulusan mudah cepat dapat kerja.


Universitas Diponegoro meraih peringkat 251-300 dari seluruh universitas di seluruh dunia. Undip yang terletak di Semarang, Jawa Tengah, ini memang terkenal sebagai salah satu kampus terbaik di Jawa Tengah. 


Selain itu banyak pula calon mahasiswa yang berlomba untuk masuk ke Undip, karena seluruh fakultas yang dimilikinya tak pernah sepi peminat dari calon Mahasiswa dan Mahasiswi.


2. Universitas Indonesia (UI) 251-300 


Posisi kedua ada Universitas Indonesia (UI) tertera dengan jelas di peringkat 251-300. Ini merupakan salah satu kampus terbaik Indonesia ini sangat terkenal di kalangan para calon mahasiswa.


Memang tidak ada yang perlu diragukan lagi, reputasi UI di Indonesia sudah terbentuk sejak lama sebagai penghasil lulusan terbaik.


Universitas Indonesia pun menjadi salah satu kampus terbaik Indonesia banyak meluluskan tokoh-tokoh penting di Indonesia baik dari kalangan politisi dan juga pendidikan sudah sesuai dengan bidangnya masing-masing.


3. Universitas Airlangga (Unair) 301-500


Posisi ketiga ada Universitas Airlangga (Unair) yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Universitas Airlangga juga menjadi salah satu kampus yang menghasilkan lulusan terbaik yang mudah mendapatkan pekerjaan. 


Unair berada pada peringkat 301-500 dari seluruh kampus di dunia, sesuai dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai sehingga bisa menunjang apa yangenjadi kebutuhan mahasiswa.


4. Institut Teknologi Bandung (ITB) 301-500


Selanjutnya urutan keempat diduduki oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada QS GER 2022, ITB meraih peringkat 301-500 dari seluruh universitas di dunia.


Kampus sains dan manajemen terbaik Indonesia yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini, memang sudah menjadi favorit di kalangan calon mahasiswa dan akademisi. Banyak lulusan hebat yang lulus dari kampus ini, salah satunya Ir. Soekarno.


5. Universitas Gadjah Mada (UGM) 301-500 


Posisi kelima ada kampus yang menjadi tempat Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menuntut ilmu ini sangat digandrungi oleh para lulusan sekolah menengah.


Mengantongi peringkat 301-500, tak perlu diragukan lagi, UGM memang telah meloloskan banyak lulusan-lulusan hebat salah satunya Presiden RI Joko Widodo.


Pewarta: Ady

Editor: Nys


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama