TV Analog Dialihkan ke TV Digital! Ini Kelebihan Menggunakan TV Digital

Ilustrasi peralihan dari TV analog ke TV digital

Bacadoloe.com - Pemerintah resmi mengubah siaran TV analog ke TV digital. Pengalihan tersebut, diawali dari wilayah Jabodetabek yang dialihkan mulai hari Rabu tanggal 02/11/2022, pukul 24.00 WIB.

Proses pengalihan dari TV analog ke TV digital (Analog Switch Off/ASO) sudah sering disampaikan baik melalui media online dan cetak bahkan sudah berkali-kali diumumkan oleh Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika).

"Tanggal 2 November yang akan ditutup, wilayah baru Jabodetabek kemudian 32 kabupaten/kota dan 173 kabupaten/kota non-terestrial". ujar Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti baru-baru ini.

Rosarita menjelaskan, ada beberapa perbedaan yang bakal bisa dinikmati oleh masyarakat ketika beralih dari siaran TV analog ke TV digital.

Berikut kelebihan menggunakan TV Digital;

1. TV digital dirancang untuk suara, gambar dan data.

2. Sinyal yang dipancarkan siaran digital berupa sinyal sistem siaran digital.

3. TV digital tidak perlu dekat dengan pemancar untuk dapat menikmati gambar yang bersih dengan suara yang jernih.

Maka dari itu, untuk pindah dari TV analog ke TV digital cukup pakai antena biasa atau UHF, lalu menggunakan perangkat set top box (STB).

Setelah semua terpasang, nyalakan TV dan pilih mode AV. Klik opsi pengaturan (settings) dan pilih auto scan untuk mulai memindai siaran TV analog ke TV digital.


Pewarta : E Yan

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama