Salah Satu Pondok Pesantren Tertua Di Bondowoso, Sejarah Dan Silsilah Pengasuh Ponpes Kauman Al-Hasani Al-Lathifi

Salah satu Pondok Pesantren tertua di Jawa Timur Al-Hasani Al-Lathifi

Bacadoloe.com - Pondok Pesantren Kauman Al-Hasani Al-Lathifi merupakan Pondok yang berada di jantung kota tepatnya di Jalan KH. Zainul Arifin 165 kelurahan Kota kulon Kecamatan Bondowoso, tepat di sebelah barat Alun-alun kota Bondowoso. Pesantren ini secara resmi pertama kali di didirikan oleh KHR. Abdul Lathif pada tahun 1842 M atau 1363. 

KHR. Abdul Lathif merupakan putra dari KHM. Djakfar Shodiq alias Raden Djojo kelono bin KH. Muhammad Arif  bin KH. Isyarah  bin KH. Abdurrahman bin Maulana Makhdum Ibrahim at Tubani. Beliau adalah putra ke empat dari lima saudara dari keturunan KHR. Djakfar Shodiq dan putri Kyai Hazbullah. 

KHR. Djakfar Shodiq sendiri berasal dari Batu Ampar Madura. Pada masa mudanya memang senang berkelana hingga sampailah di pelataran Bondowoso, tepatnya di desa Poncogati yang dulunya masih bernama Tamansari.  Dan di Poncogati ini, Kiai Djakfar Shodiq memiliki keturunan dari hasil pernikahan dengan putri Kyai Hazbullah. Dari ke lima putra beliau diantaranya:

1. Kiai Muhammad Tamrin

2. Muhammad Ikrom kelak sebagai penerus Poncogati

3. Muhammad Musthofa bermukim di desa locare Tegal Ampel

4. Abdul Lathif yang kemudian bermukim di Kauman Kota Kulon

5. Abdus Shomad meninggal ketika masih kecil

Keempat putra beliau dikirim ke beberapa daerah di Bondowoso untuk melanjutkan perjuangan meninggikan kalimat Allah dan menyebarkan agama Islam. Kecuali Kiai Muhammad Ikrom yang melanjutkan untuk mengasuh Pondok Pesantren Poncogati menggantikan KHR. Djakfar Shodiq, yang sebelumnya mengasuh pesantren di Poncogati selama 50 tahun. 

Sedangkan Pondok Pesantren Kauman Alhasani Allathifi adalah Pondok Pesantren kedua yang tumbuh di kawasan kota Bondowoso setelah Poncogati. Pada perkembangannya, Pesantren Kauman semakin berkembang karena kealiman dari KHR. Tuan Abdul Lathif yang semakin tersohor. 

Bahkan beliau dikenal sebagai Allamah (sangat alim) hingga ke serambi mekah al mukarramah. Hal ini bisa dilihat bahwa beliau diberi kesempatan memberikan pengajian umum dilingkungan Baitul Haram. 

Selain kealiman tersebut KH. Abdul Lathif juga dikenal dengan seorang yang ahli ibadah yang konon setiap harinya melakukan sholat sunnah tidak kurang dari 200 rakaat. KHR. Abdul Lathif memiliki  banyak keturunan dari istri pertama beliau dikaruniai 9 orang putra-putri. Sedangkan dari istri kedua, beliau dikaruniai seorang putra, kesepuluh putra dan putri beliau adalah :

Berikut 10 silsilah keturunan KHR. Abdul Lathif pendiri Pondok Pesantren Kauman Al-Hasani Al-lathifi. 

1. Nyai RA Siti Fatimah

2. KHR. Nachrawi

3. KHR. Syamsul Arifin

4. KHR.Zainul Arifin

5. Nyai RA.Siti Zuhriyah

6. KHRM. Kholil

7. KHRM. Thobroni

8. KR. Ahmad Hasan

9. KHRM. Husain

10. KHRM. Muhammad Hasyim


Pewarta : Eru

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama