Proses Naturalisasi Jordi Amat Dan Sandy Walsh Selesai, PSSI Segera Urus Perpindahan Federasi

Proses sesi foto Jordi amat dan sandy Walsh setelah resmi jadi WNI


Bacadoloe.com - PSSI akan segera mengurus perpindahan federasi Jordi Amat dan Sandy Walsh ke FIFA. Setelah kedua pemain tersebut sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia, Kamis (17/11/2022).

Setelah proses perpindahan Federasi selesai, baik Jordi Amat maupun Sandy Walsh diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Sedangkan untuk pendaftaran pemain masih bisa dikejar, karena deadline pendaftarannya terakhir  pada tanggal 20 November mendatang.

Tapi satu hal lain yang tak kalah penting adalah harus menyelesaikan proses perpindahan federasi dari kedua pemain tersebut. Sebelumnya, Jordi Amat terdaftar di RFEF (Spanyol), sementara Sandy Walsh terdaftar di KNVB (Belanda).

Jika tidak segera diselesaikan proses perpindahan federasinya, keduanya bisa saja berpotensi tak dapat dimainkan di Piala AFF. Apalagi Sandy Walsh, tercatat pernah memperkuat Belanda di kelompok usia, begitu juga dengan Jordi Amat pernah membela Spanyol di usia mudanya. 

"Kami akan bersurat ke FIFA yang jelas. Tapi belum tahu berapa lama itu persyaratan yang harus dipenuhi untuk perpindahan federasi," Ungkap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Mohon doanya dari teman-teman agar proses ini cepat selesai sehingga bisa memperkuat timnas kita di AFF. Namun bersabar karena prosesnya harus dilalui," Lanjutnya.

Hal itu pernah terjadi pada kasus Ezra Walian yang terpaksa harus menunda untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Saat itu ia terganjal masalah dokumen perpindahan dari KNVB ke PSSI.

"Insyaallah, kalau daftar pemain timnas sudah dimasukkan (daftar pemain Piala AFF), nanti kalau main kan harus ada izin. Tapi kalau namanya sudah dimasukkan oleh Shin Tae-yong," Tutup Iriawan.

Sebagai informasi, baik Jordi dan Sandy mengambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jakarta, Cawang. Didampingi oleh ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Setelah melalui berbagai proses yang cukup memakan waktu, dari mulai wawancara, pemeriksaan dokumen, hingga tes kesehatan, penantian keduanya terbayar sudah.

Tambahan tenaga dari Jordi dan Sandy dibutuhkan timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022, karena keduanya merupakan rekomendasi Shin Tae-yong. Pendaftaran pemain sendiri ditutup pada 20 November.


Pewarta: Eru

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama