Profil Raden Rubini Natawisastra, Dokter Keliling Yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Foto dan patung dr. Raden Rubini Natawisastra yang akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional

Bacadoloe.com - Dr. Raden Rubini Natawisastra masuk ke dalam lima tokoh yang akan diberikan gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi.


Namun tak sedikit orang yang bertanya-tanya terkait profil dan jasa dr. Raden Rubini Natawisastra sehingga pantas dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional tahun 2022.


Lahir pada tanggal 31 Agustus 1906 di Bandung, dr. Rubini Natawisastra kemudian berhasil menyelesaikan pendidikan di sekolah kedokteran Stovia Jakarta dan menyandang gelar dokter pada tahun 1930.


Tahun 1934 dr. Rubini Natawisastra mengabdi sebagai tenaga kesehatan di area Jakarta, dan pindah ke Kalimantan Barat pada 1934. Beliau kemudian ditempatkan di area Pontianak sebagai Kepala Kesehatan Pontianak.


Dari penuturan Mahfud MD, Raden Rubini Natawisastra adalah dokter keliling pada saat kemerdekaan. Jasanya begitu besar dalam dunia kesehatan tanah air sehingga patut diberi penghargaan gelar Pahlawan Nasional.


Dalam sejarahnya membela tanah air, Raden Rubini Natawisastra sampai dijatuhi hukuman mati bersama istrinya oleh Jepang karena perjuangannya yang gigih untuk kemerdekaan Republik Indonesia.


Dalam ranah perjuangan kemerdekaan, dr. Rubini pernah membentuk kelompok para cendekiawan. Kelompok ini menjadi wadah memupuk jiwa patriotisme dan nasionalisme cendekiawan di Pontianak untuk turut berjuang atas kemerdekaan Indonesia.


Tahun 1944 menjadi tahun dimana dr. Rubini Natawisastra ditangkap oleh gunkanseibu. Beliau ditangkap bersama dengan koleganya, dr. Ismail, dr. Achmad Diponegoro, dr. Soenaryo, dan dr. Agoesdjam.


Nama dr. Raden Rubini Natawasastra diusulkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, bersama dengan Kongres Wanita Indonesia.


Hal tersebut didasarkan pada sejarah dimana beliau tinggal dan menetap di Pontianak selama kurang lebih 17 tahun, serta menjadi tokoh politik penting di era tersebut dalam perjuangannya untuk kemerdekaan Republik Indonesia.


Perlu diketahui, nama Rubini Natawisastra juga telah diabadikan sebagai nama Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Mempawah.


Tidak hanya itu, namanya turut diabadikan sebagai nama jalan di Kabupaten Mempawah, Kota Bandung, serta nama sebuah nama Taman Aulia dr. Rubini di area Membawah.


Selain dr. Rubini Natawisastra, terdapat empat pahlawan lain yang diberikan diberikan gelar Pahlawan Nasional, diantaranya adalah Dr. dr. HR Soeharto, kemudian KGPAA Paku Alam VII, H. Salahuddin bin Talabuddin, dan KH Ahmad Sanusi.


Masing-masing nama pahlawan tersebut diberikan gelar Pahlawan Nasional atas usulan dari pemerintah dan masyarakat, atas dasar jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.


Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional dilakukan pada tahun 2022, tepatnya akan dilaksanakan pada 7 November 2022 di Istana Negara.


Itulah profil dr. Raden Rubini Natawisastra yang akan dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional oleh presiden Jokowi. Semoga bermanfaat!



Pewarta : Nur

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama