Presiden Jokowi Minta Anggota G20 Untuk Bersatu dan Akhiri Perang

Presiden Jokowi saat membuka KTT G20 di Bali

Bacadoloe.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Bali dihadiri oleh beberapa presiden berpengaruh dunia. Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta anggota G20 untuk bersatu dan akhiri Perang.


"Being responsible here also means that we must end the war. If the war does not end, it will be difficult for the world to move forward. If the war does not end, it will be difficult for us today responsible for the future of the current generations and future generations," kata Jokowi di KTT G20 di Bali.


Yang artinya "Bertanggung jawab di sini juga berarti kita harus mengakhiri perang. Jika perang tidak diakhiri, akan sulit bagi dunia untuk bergerak maju. Jika perang tidak diakhiri, akan sulit bagi kita hari ini bertanggungjawab atas masa depan generasi saat ini dan generasi mendatang," kata Jokowi dalam pidatonya dihadapan para pemimpin negara-negara anggota G20, Selasa (15/11/2022).


Presiden Jokowi juga meminta semua negara bersatu. ia meminta anggota G20 tidak membiarkan dunia jatuh ke dalam Perang Dingin lagi.


"We should not divide the world into parts. We must not allow the world fall into another Cold War"


"Kita seharusnya tidak membagi dunia menjadi beberapa bagian. Kita tidak boleh membiarkan dunia jatuh ke dalam Perang Dingin lagi," ucapnya.


Karena kerja kerasnya, Jokowi sampai dipuji oleh presiden Amerika Serikat Joe Biden.


Dalam acara KTT G20 itu, Joe Biden memuji Jokowi dan mengatakan bahwa presiden Indonesia tersebut sangatlah hebat.


Pujian itu dilontarkan Biden saat membuka sesi III 'Partnership for Global Infrastructure and Investment' KTT G20.


"You've done a tremendous job by the way. Really. You've done a great job,"


"Anda (Jokowi) melakukan pekerjaan yang luar biasa hebat, ngomong-ngomong. Beneran. Anda telah melakukan pekerjaan yang hebat, red)," kata Joe Biden.


Pujian Joe Biden tersebut disambut riuh tepuk tangan para pemimpin negara dan lembaga dunia yang hadir di G20 Indonesia.


Sebagai Informasi, Pembukaan KTT G20 ini dihadiri kepala negara anggota G20, seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan.



Pewarta : Nur

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama