Prabowo Subianto Ahli Strategi, Berikut 6 Langkah Taktis Demi Perkuat Pertahanan Indonesia

Pengecekan pasukan oleh Menteri Pertahanan Prabowo bersama presiden Jokowi


Bacadoloe.com - Mengelola pertahanan Negara tidak semudah yang dibayangkan, mengatur sistem pertahanan yang kuat tidak bisa disamakan dengan mengatur pertahanan dalam sepakbola. 

Meskipun dalam dalam prinsip dan filosofi pertahanan Negara hampir cukup sama. Kesamaan tersebut lantaran merujuk pada kepemimpinan, kedisiplinan, kerja sama, inovasi, kolaborasi dan kreativitas cukup menjadi krusial dalam memimpin. Bahkan yang tidak kalah penting adalah teknik diplomasi dalam menjajaki hubungan dengan Negara sahabat. Seperti halnya sepakbola, merekrut pemain potensial dan pembelanjaan alat pertahanan yang baik merupakan bagian dari strategi diplomasi. 

Untuk diplomasi Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto tentu sudah tidak diragukan lagi. Yang terbaru, sukses melaksanakan event Indo Defence 2022 Expo pada tanggal 2-5 November 2022. Hal tersebut menjadi bukti kekuatan pengaruhnya dalam mengelola pertahanan Negara. 

Event tersebut merupakan ajang pameran industri pertahanan terbesar se-Asia Tenggara. Bahkan, beberapa analis menyebut itu merupakan ajang terbesar di dunia dengan jumlah kunjungan mencapai 30 ribu di tahun 2018. Kegiatan Internasional yang diikuti langsung oleh 59 Negara dan 905 industri pertahanan. 

Sebelumnya, dalam beberapa tahun terakhir Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan perjalanan ke luar negeri. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan kerjasama dan diplomasi dengan Menteri Pertahanan luar negeri. Hal yang demikian tentu juga berkat dukungan penuh dari Presiden RI, Joko Widodo yang memberikan kepercayaan penuh untuk memberikan pengaruh signifikan dalam pertahanan Negara. 

Berikut 6 Langkah Taktis Pertahanan RI dibawah komando Prabowo Subianto. 

1. Menhan RI Prabowo Subianto memastikan proyek produksi pesawat tempur hasil kerjasama Indonesia dengan Korea Selatan. Pengembangan pesawat tempur Indonesia KF-X dan IF-X untuk pemenuhan alutsista 30-40 tahun kedepan. 

2. Prabowo Subianto sukses mengantongi lisensi pembuatan kapal tempur canggih fregat Arrohead 140 dari produsen asal Inggris. 

3. Pemerintah lewat Prabowo Subianto mengakuisisi 6 pesawat tempur Dassault Refale produksi Dassault Aviation asal Perancis. 

4. Prabowo Subianto juga berencana membeli dua kapal selam Scorpene asal Perancis. 

5. Pada pertengahan November 2021, Prabowo memesan dua pesawat Airbus A400M yang memiliki konfigurasi multiperan tanker dan angkut. 

6. Prabowo Subianto juga menandatangani kontrak kerjasama pembelian kapal perang fregat dari perusahaan pembuat kapal Italia, Fincanteri. 

Itulah beberapa langkah taktis Menteri Pertahanan Indonesia dalam rangka memperkuat sistem Pertahanan Negara. Hal tersebut dilakukan oleh Prabowo Subianto dalam perencanaan dan kalkulasi yang matang dalam jangka panjang. 


Pewarta: Eru

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama