Peran Pemuda dalam Memperingati Hari Pahlawan

Foto ilustrasi perjuangan para pemuda terdahulu 

Bacadoloe.com - Peringatan hari pahlawan tahun 2022 sudah hampir, tepatnya pada tanggal 10 November 2022 bertepatan pada hari Kamis.


Hari pahlawan yang terjadi pada 10 november 1954 memang jadi titik  awal mengapa tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari pahlawan,bermula dari sebuah pertempuran heroik di surabaya antara masyarakat Indonesia dan pasukan inggris sehingga terjad pertempuran sehingga memakan banyak korban.


Penetapan hari pahlawan juga mempunyai sejarah yaitu seomarsono yang menjadi sosok pencetus hari pahlawan 10 november pada waktu itu.


Tragedi pertempuran yang terjadi pada 10 november 1945 merupakan pertempuran terbesar yang dialami bangsa Indonesia setelah menyatakan kemerdekaan lewat proklamasi 17 agustus 1945.


Momen seperti ini lantas membuat pertempuran 10 november menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme Belanda.


Kita sebagai bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk memperingati hari Pahlawan ialah untuk menghormati dan mengenang perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari bangsa lain. 


Hari pahlawan tidak hanya sekedar  diingat setiap tanggal 10 november namun lebih dari itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan agar para generasi muda bisa melanjutkan perjuangannya para pejuang terdahulu.


Kita wajib menanamkan makna nilai-nilai kepahlawanan adalah aksi nyata kinerja dari anak bangsa seperti membangun menggerakan kesadaran berbangsa.


Tujuannya tidak lain ialah agar generasi bangsa bisa mengimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari seperti bergotong royong ,menolong sesama, tidak memprovokasi yang dpat menggangu ketertiban umum, tidak bersifat anarkis dan lain sebagainya Semangat kepahlawanan dapat di tunjukan dengan cara meningkatkan prestasi,inovasi diberbagai bidang kehidupan dan ketahanan negara kesatuan republik Indonesia(NKRI).


Nilai-nilai seperti itu tidak boleh hilang dan harus terus diajarkan dan ditanamkan kepada generasi Bangsa Indonesia, para generasi muda harus bisa melanjutkan perjuangannya.


Masyarakat dan pemuda dalam mengisi kemerdekaan serta pembangunan nasional nantinya akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bangsa. 


Peran pemuda dalam pembangunan bangsa dan negara harus dipertahankan sebagai generasi penerus yang memiliki jiwa pejuang, perintis dan kepekaan terhadap sosial,politik dan lingkungan.


Para generasi muda saat ini harus memiliki masa depan yang bisa diraih dengan ketajaman dan kecermelangan visi serta memperjuangkannya dengan keberanian dan energi lebih baru, karena pemuda Indonesia lebih memainkan peran penting dalam menompang kemajuan bangsa.

  

Pewarta: Ady

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama