Penyakit Ain Menurut Nabi Muhammad SAW, Dan Begini cara mencegahnya

Penyakit Ain dan cara mencegahnya 

Bacadoloe.com -Cara dari Nabi Muhammad SAW. Asal penyakit Ain ini adalah adanya hasad atau perasaan iri dan dengki atas sesuatu yang dimiliki orang lain.

Orang yang memiliki perasaan tersebut tentunya akan membuat pandangan yang penuh kebencian atas kebahagiaan seseorang sehingga timbullah penyakit Ain.

Cara mencegah penyakit Ain adalah dengan mendoakan keberkahan baginya dan senantiasa untuk meminta perlindungan oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Jika seorang dari kalian melihat pada diri saudaranya suatu hal yang menakjubkan maka doakanlah keberkahan baginya, karena ‘ain itu benar adanya.” (QS. An Nasa-i No.10872 dishahihkan Al Albani dalam Shahih An-Nasa-i).

Hal yang penting untuk dilakukan dalam menghindari penyakit Ain ini dengan menghilangkan perasaan iri ataupun dengki.

"Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” (QS. An Nisa’: 32).

Apa penyakit ain?  Penyakit ain adalah Penyakit yang tidak asing bagi umat Islam.

Penyakit ini merupakan gangguan yang disebabkan oleh pandangan mata yang disertai oleh perasaan iri dan dengki. 

Pandangan mata dipercaya bisa akan memengaruhi perasaan dan pikiran yang berdampak negatif bagi kesehatan.

Secara umum, penyakit ain adalah penyakit yang bisa akan menimpa seseorang yang menjadikan orang memiliki kecemburuan besar kepada orang lain.

Penyakit Ain Menurut Nabi Muhammad SAW

"Penyakit ain ini telah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ain itu benar-benar ada. Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ‘ain itu bisa.” (HR. Muslim No.2188).


Pewarta : Edi Supriyanto

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama