'Pahlawanku Teladanku' Jadi Tema Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022, Berikut Penjelasannya

Logo dan tema hari pahlawan nasional 10 November 2022 (Instagram kemensos.go.id)


Bacadoloe.com - Pemerintah Indonesia mengusung tema 'Pahlawanku Teladanku' pada Hari Pahlawan Nasional tanggal 10 November 2022 


Hari Pahlawan Nasional hadir atas peristiwa bersejarah dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui gerakan Revolusi Nasional Indonesia pada pertempuran Surabaya tanggal 10 November 1945.


Diperingatinya Hari Pahlawan Nasional tidak terlepas dari peran para pahlawan yang berperang pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Mereka mengetahui betul bahwa melawan penjajah bersenjata lengkap dengan ribuan pasukan adalah rintangan yang sangat sulit.


Sedangkan di sisi lain, Pahlawan Nasional Indonesia tidak memiliki perlengkapan perang yang sepadan, setengahnya pun tidak. Namun, bangsa kita tidak kekurangan dua hal yaitu tekad dan semangat. Tekad untuk pantang menyerang dan tidak takut mati demi hak Indonesia serta semangat juang dan keberanian yang berapi-api melawan pasukan penjajah.


Atas dasar tersebut, sebagai generasi muda juga penerus bangsa, sudah sepatutnya warga negara Indonesia mengimplementasikan dan meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan terutama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara lewat Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022 ini. 


Hari Pahlawan Nasional sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda.


Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan.


Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Nasional tahun 2022  yang bertajuk “PAHLAWANKU TELADANKU”.


Maksud dan tujuan memperingati Hari Pahlawan Nasional adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.


Tujuan hari pahlawan juga untuk Membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.


Disamping itu, Memperkuat Persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia menjadi landasan diperingatinya Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022 dengan tema 'Pahlawanku Teladanku'.



Pewarta : Nur

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama