Meskipun Bondowoso Tidak Terkenal Kota Santri, Inilah 3 Pesantren Terbaik di Kota Tape

 

Pondok Pesantren Al-Islah Grujugan Bondowoso 

Bacadoloe.com - Bondowoso ada salah satu kbuperen yang ada di Kawa Timur yang terletak diwilayah ujung timur, meskipun tidak terkenal sebagai kota santri tapi ada pesantren terbaik yang cocok bagi santri menimba ilmu agama.


Oleh karena itu kami tim Bacadoloe mengulas beberapa pesantren terbaik di Bondowoso, dari pesntren Tahfidz Qur'an, Pesantren Modern, Pesantren Tradisional, hingga Pesantren Unggulan yang ada dikota tape.


Berikut adalah 3 pesantren terbaik di Bondowoso


1. Pesantren Modern Al-Islah Grujugan

Pondok pesantren Al-Islah tidak hanya terkenl di Bondowoso melainkan sdah terkenal di Jawa Timur, Berdiri pada tahun 1970, kawasan pondok pesantren ada di lahan seluas 13 hektar dengan beragam jenjang pendidikan yang tersedia.


Pondok pesantren Al-Islah didirikan oleh KH. Ma'sun salah satu alumni Gontor, disipin yng tinggi , sistem pendidikan modern, penerapan komunikasi bahasa arab dan inggris dilingkungan pesantren.


Pondok pesantren Al-Islah juga memiliki pengruh yang kuat di Jawa Timur, karena KH Ma'sum memiliki relasi yang cukup bagus. Tidak jarang Al-Islah dihadiri oleh tokoh-tokoh besar di tanah air.


2. Darul Istiqomah Maesan

Selanjutnya ada pondok pesantren Darul Istiqomah yang ada di Kecamatan Maesan, berdiri sejak tahun 1994 didirikan oleh KH. Masruri Abd Muhit yang juga merupakan salah satu alumni Gontor 


Penerapn kurikulum ialah KMI, sistem pendidikan yang mengkolaborasikan antara depag, diknas, dan ilmu agama islam. Pola disiplin yang ketat menjadi menjadi ajaran sejak dini dan pol komunikasi dilingkungan pesantren menggunakan bahasa arab dan inggris.


Pondok pesantren Darul Istiqomah memiliki luas 3 hektar, nuansanya sangat sejuk karena tergolong ada di pedesaan. Akan tetapi dipenuhi fasilitas yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran semua santri.


3. Mambaul Ulum Wonosari

Pondok pesantren Manbaul Ulum Wonosari Bondowoso sangat kental dengan nuansa Nahdhatul Ulama, pesantren ini memiliki model dengan pesantren tradisional khas Jawa Timur yang menjadi kriteria.


Pesantren Manbaul Ulum memiliki pendidikan formal juga, tersedia dari jenjang menengah, hingga atas seperti SMK yang bisa menunjang kebutuhan belajar para santri.


Bukan hanya itu, ada hal yang istimewa dari pesantren Mambaul Ulum Wonosari ialah pengasuhnya merupakan Bupati di Bondowoso KH. Salwa Arifin.


Bukan hanya itu, pesantren Manbaul Ulum juga menjadi daftar rutin yang sering dikunjungi oleh tokoh-tokoh Nasional seperti KH. Ma'ruf Amin selaku wakil Presiden dan Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Kawa Timur.


Itulah ulasan 3 pesantren terbaik di Bondowoso dari tim Bacadoloe, akan tetapi masih banyak juga pesantren dibondowoso yang memiliki fasilitas tidak kalah baik.


Pewarta: Ady

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama