Lama Menghilang, Hacker Bjorka Kini Retas Data Diduga milik MyPertamina

Data diduga milik MyPertamina yang dibocorkan Hacker Bjorka (tangkapan layar)

Bacadoloe.com - Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan nama Hacker Bjorka. Hacker yang satu ini telah menghebohkan dunia maya karena ulahnya yang meretas sejumlah instansi dan tokoh publik.


Setelah lama menghilang, Hacker Bjorka kini beraksi lagi dengan menjual bocoran data yang diklaim milik MyPertamina.


Hacker Bjorka diketahui menjual data yang diduga milik MyPertamina tersebut lewat Breached Forum, dengan ukuran data sebesar 30GB (6GB terkompresi) dan diklaim berasal dari peretasan yang dilakukan pada November tahun 2022 ini


Data yang dijual ini meliputi nama, email, NIK, NPWP, nomor telepon, dan bahkan sampai jumlah pengeluaran pengguna MyPertamina.


"MyPertamina adalah platform layanan finansial digital dari Pertamina yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja," tulis Bjorka di laman forum tersebut, Kamis (10/11/2022).


"Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran non tunai saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU," lanjutnya.


Diketahui, Bjorka juga menyertakan sejumlah contoh data yang ia bocorkan itu di laman yang sama. Data sampel tersebut tak cuma berisi data pengguna, namun juga data yang diklaimnya sebagai data transaksi.


Data berukuran total 30GB tersebut dijualnya seharga USD 25 ribu atau sekitar Rp 392 juta menggunakan transaksi lewat bitcoin.


Sebelumnya pada September lalu Bjorka pernah berkoar mau membocorkan data MyPertamina, yang menurutnya, dilakukan untuk mendukung para pendemo kenaikan harga BBM di Indonesia.


Ini adalah pertama kalinya Bjorka kembali membuat thread di Breached Forum sejak keramaian yang ia buat beberapa bulan lalu.


Bjorka terakhir beraksi, ketika ia membocorkan data pribadi Menpora Zainudin Amali saat tragedi Kanjuruhan. Beberapa bocoran data dari Bjorka lebih sering dilakukan lewat grup Telegram, dan bukan lewat Breached Forum.


Diketahui, menjelang membocorkan data MyPertamina tersebut, Bjorka terlihat baru membuat akun Twitter dengan nama @bjorkapipa, yang saat ini sudah berstatus 'Temporarily restricted' namun masih tetap bisa dibuka.


Hacker Bjorka sempat tenar di tanah air karena membocorkan data pribadi sejumlah pejabat tinggi RI, dari mulai Mendagri Tito Karnavian sampai Kepala BSSN Hinsa Siburian. Namun, namanya tak terdengar lagi sejak UU PDP disahkan hingga saat ini muncul kembali ke publik dengan data diduga milik MyPertamina.



Pewarta : Nur

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama