Dua Bersaudara Pengusaha Kelas Wahid, Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono Capai Kekayaan 695 Triliun

Foto Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono pengusaha kelas wahid di Indonesia

Bacadoloe.com - Pengusaha kelas wahid Indonesia, Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono. Dua Hartono ini merupakan saudara kandung yang mempunyai harta melimpah.

Jumlah nominal kekayaan mereka berdua sangat fantastis. Tercatat harta melimpah  mencapai $ 44,6 miliar atau sekitar Rp. 695,7 triliun.

Dua kakak beradik itu merupakan orang kaya raya keturunan Tionghoa yang lahir di Jawa, Indonesia.

Bahkan kekayaan mereka tidak mampu disaingi oleh konglomerat lainnya. Tercatat sudah 12 tahun tanpa putus mereka peringkat pertama orang kaya Indonesia.

Kekayaan yang melimpah yang dimiliki dua konglomerat ini, juga memberikan banyak lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia.

Berikut 6 usaha besar milik Hartono bersaudara yang lansir dari Forbes :

1. Rokok

Bisnis rokok merupakan sumber kekayaan Hartono bersaudara yang paling terkenal yang bernama PT Djarum. Diketahui bisnis rokok ini dimulai dari sang ayahnya, Oei Wie Gwan.

Selanjutnya, di tangan dua Hartono, perusahaan rokok asal Kudus, Jawa Tengah ini semakin berkembang hingga menjadi produsen rokok yang sangat besar di Indonesia.

2. Perbankan

Bisnis perbankan menjadi salah satu sumber kekayaan Hartono bersaudara. Diketahui mereka berdua memiliki mayoritas saham PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Saham yang mayoritas ini membuat kekayaan dua Hartono semakin melonjak.

Sebelumnya, dari keluarga Salim, Hartono bersaudara mengakuisisi BCA. Karena pada krisis moneter 1998, keluarga Salim sempat kehilangan kendali atas perusahaan, sehingga Hartono bersaudara memilih membeli saham BCA di tengah kondisi yang terpuruk.

Namun berkat lantaran kinerja yang terus memberikan hasil positif, Djarum pun menambah porsi kepemilikan di bank terbesar di Indonesia hingga memiliki saham mayoritas.

3. Elektronik

Kedua Hartono mengembangkan bisnis elektronik melalui PT Hartono Istana Teknologi. Usaha ini dikenal dengan sebutan Polytron.

Diketahui Polytron adalah perusahaan yang fokus memproduksi televisi, AC, kulkas, hingga telepon seluler.

Usaha Polytron ini memiliki tiga lokasi pabrik di Jawa Tengah dengan jumlah karyawan mencapai lebih dari 10.000 dan total area pabrik seluas 69 ha.

Bahkan, Polytron memasang target untuk mengungguli pasar televisi LED dan LCD yang saat ini didominasi pabrikan  Korea Selatan dan Jepang.

4. Properti

Sektor properti tak ketinggalan menjadi bagian dari kegiatan bisnis Hartono bersaudara. Grup Djarum diketahui memiliki sejumlah properti prestisius, mulai dari Menara BCA, Grand Indonesia, Hotel Indonesia Kempinski, dan Kempinski Residence.

Tak hanya itu, proyek properti lain dengan kelas menengah bawah juga dimiliki, seperti World Trade Center Mangga Dua, Mal Daan Mogot, Karawang Resinda, dan Padma Hotel Karawang.

5. Agribisnis

Usaha agribisnis ini dijalankan melalui PT Hartono Plantation Indonesia.  Perusahaan ini mengelola hampir 30.000 ha kebun kelapa sawit yang mengambil lokasi di Kabupaten Landak, Kalbar.

Selain itu, perusahaan ini juga mengembangkan komoditas lain, seperti cengkeh, tembakau, tebu, minyak Atsiri dan jarak kepyar.

6. Ritel Online dan Media Digital

Bisnis besar lainnya, Djarum Group telah bergerak ke sektor ritel online yang tumbuh cepat, mengakuisisi Kaskus, Infokost, Blibli, hingga Bolabob, Mindtalk, DailySocial, Opini, dan Kincir.

Selain itu, group ini memiliki saham pengendali di agensi pemasaran digital Merah Cipta Media. Kemudian dua Hartono itu juga memiliki investasi di startup game Razer, Singapura.


Pewarta: Hendra

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama