Dokter Pribadi Bung Karno Bakal Jadi Pahlawan Nasional 2022. Berikut Profil dan Jasa Dr dr HR Soeharto

Foto Pahlawan Nasional 2022, Dr dr HR Soeharto dokter pribadi Bung Karno

Bacadoloe.com - Menyambut Hari Pahlawan Nasional 2022 tanggal 10 November mendatang, Pemerintah Indonesia bakal menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 5 tokoh putra terbaik bangsa, salah satunya Dr dr HR Soeharto.


Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Dr dr HR Soeharto tersebut bukan tanpa alasan, sebab ia diketahui berjasa besar untuk bangsa ini, khususnya dibidang Kesehatan.


Untuk mengetahui lebih detail jasa dr. Soeharto bagi bangsa Indonesia, simak profil dokter pribadi Presiden pertama yang berasal dari Jawa Tengah tersebut.


Banyak yang belum mengetahui profil Dr dr HR Soeharto yang baru diberi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah pada tahun 2022 ini.


Tahun 2022 ini, nama dr Soeharto (panggilan akrabnya) dari Jawa Tengah masuk dalam daftar lima tokoh yang diberi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah Indonesia.


Dr dr HR Soeharto atau Dokter Soeharto dikenal sebagai dokter pribadi Presiden Pertama Indonesia yakni Bung Karno sejak masa sebelum kemerdekaan.


Mayor Jenderal H. Dr. dr. R. Soeharto sebelumnya sempat diusulkan untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional oleh mantan Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri tetapi belum diterima.


Dari situs Pemprov Jateng diketahui, dr Soeharto memiliki nama lengkap Soeharto Sastrosoeyoso. Beliau lahir pada 24 Desember 1908 di Tegalgondo, Solo, Jawa Tengah. Sebelumnya, dr Soeharto juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan Kepala Bappenas di Kabinet Soekarno.


Dokter Soeharto tercatat sebagai salah satu pendiri bank pertama di Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), sekaligus turut andil dalam pembangunan kawasan Sarinah Thamrin Jakarta, dan Hotel Indonesia.


Pada tahun 1950, dr Soeharto tercatat menjadi salah satu penggagas berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Beliau juga pelopor yang menginisiasi program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia. Karena itu, dr Soeharto didapuk menjadi ketua pertama Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). dr Soeharto wafat pada tahun 2000.


Alasan dr Soeharto dianugerahi gelar Pahlawan Nasional adalah karena almarhum DR dr HR Soeharto dinilai telah berjuang bersama Presiden RI pertama Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak hanya itu, setelah kemerdekaan, almarhum DR dr HR Soeharto ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.


"Ikut pembangunan department store syariah dan pembangunan Monumen Nasional serta Masjid Istiqlal dan pembangunan Rumah Sakit Jakarta serta salah seorang pendiri berdirinya IDI (Ikatan Dokter Indonesia)," ungkap Mahfud MD.


Tidak hanya dr. Soeharto, pemerintah juga akan anugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh pejuang dan pengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Diantaranya adalah:


1. Dr dr HR Soeharto (Jateng)

2. KGPAA Paku Alam VIII (DIY)

3. dr R Rubini Natawisastra (Kalbar)

4. H Salahuddin bin Talabuddin (Maluku Utara)

5. KH Ahmad Sanusi (Jawa Barat).


Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional 2022 itu akan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan digelar di Istana Negara pada tanggal 7 November 2022.


Alasan pemerintah Indonesia menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh tersebut berdasarkan usulan masyarakat yang dinilai telah ikut berjasa dalam perjuangan mendirikan NKRI.


Hal tersebut disampaikan langsung Menko Polhukam Mahfud Md selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.


 

Pewarta : Nur

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama