Daftar 12 Makanan Pembersih Paru-paru, Salah Satunya Banyak Dijumpai di Kampung

Salah satu makanan pembersih paru-paru

Bacadoloe.com - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. Sementara 1 dari setiap 5 orang di Amerika Serikat, meninggal karena rokok.

Menghindari rokok merupakan cara paling efektif untuk menjaga kesehatan paru-paru seseorang. Paru-paru merupakan salah satu organ penting manusia sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Meskipun paru-paru memiliki kemampuan untuk membersihkan diri, mengonsumsi makanan-makanan sehat dapat membantu kerja paru-paru lebih efektif dan menjaganya tetap sehat.

Menjaga kesehatan paru-paru sangat penting dilakukan untuk menstabilkan aliran pernapasan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu kesehatan paru-paru.

Makanan sehat dan seimbang adalah kunci untuk tubuh lebih sehat dan kuat, termasuk pada paru-paru. Berikut makanan yang bisa membersihkan membersihkan paru-paru sebagai berikut;

1. Kunyit

Kunyit dipercaya mampu mengurangi peradangan pada paru-paru. Senyawa aktif pada kunyit mampu membersihkan paru-paru secara alami. Kunyit juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan detoksifikasi.

2. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, yakni senyawa sebagai antibiotik yang dapat membantu menyembuhkan infeksi paru-paru. Bawang putih dapat meredakan penyumbatan serta sesak napas, serta asma. Tak hanya itu, bawang putih juga mampu mengurangi risiko peradangan dan kanker paru-paru.

3 Madu

Madu mengandung antibakteri yang dapat membantu mengurangi masalah pernapasan. Madu dapat membersihkan saluran pernapasan dan menjaga kesehatan paru-paru. Selain membersihkan paru-paru, madu juga bermanfaat untuk membantu meredakan batuk pilek.

4. Tomat

Tomat diperkaya likopen yang dapat membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Mengonsumsi tomat dapat membantu memperbaiki peradangan saluran pernapasan, menurunkan risiko kematian akibat penyakit paru-paru kronis, serta meningkatkan fungsi paru-paru. Tomat juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita asma atau seseorang yang pernah merokok.

5. Gandum Utuh

Gandum utuh seperti beras merah, roti gandum, pasta gandum, oat, quinoa, dan barley sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Tidak hanya makanan gandum yang tinggi serat, makanan yang memiliki kualitas antioksidan dan anti-inflamasi, tetapi juga penuh dengan vitamin E, selenium, dan asam lemak esensial, juga baik untuk kesehatan paru-paru.

6. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, pakcoy, kangkung, dan lainnya dipercaya mampu menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Satu studi menemukan bahwa sayuran hijau sangat baik untuk paru-paru karena kandungan karotenoid yang tinggi, yang merupakan antioksidan.

7. Apel

Sebuah penelitian menyebut perokok yang mengonsumsi banyak apel dengan rutin mencegah penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat. Selain itu, memakan sedikitnya lima buah apel bisa mengurangi risiko seseorang terkena Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) dan penyakit paru-paru lainnya.

8. Jamur

Jamur mengandung VItamin D, jamur juga memiliki zat antioksidan bernama beta glukan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif. Cara pengonsumsinya pun cukup mudah, masyarakat hanya perlu memanggang atau menjadikannya bahan utama dari sup.

9. Brokoli

Beberapa orang mungkin tidak suka dengan sayuran hijau ini. Padahal, brokoli mengandung senyawa organik sulforaphane guna menghasilkan enzim khusus guna menangkal penyakit paru-paru kronis atau asma. Brokoli juga menghasilkan nutrisi lain yang tidak kalah penting untuk kesehatan tubuh, misalnya vitamin C, A, B6, magnesium, dan zat besi.

10. Bluberi

Pengonsumsian bluberi secara rutin dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang karena mempunyai sejumlah mineral, vitamin, dan pigmen pelarut yang dinamai antosianin. Sebuah studi mengungkap memakan bluberi dengan porsi normal setiap minggu menaikkan efektifitas fungsi paru-paru. Nutrisi ini pun memberikan efek pada kesehatan jantung, kulit, dan mata.

11. Jahe

Jahe terkenal dengan efek hangat dan aromanya khas. Hal ini menjadikannya saran terbaik bagi seseorang yang mengalami flu atau hidung tersumbat. Rempah alami ini pun secara aktif meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru sehingga meningkatkan efisiensi penyerapan oksigen di saluran udara. Terlebih, jahe memberikan rasa rileks dan nyaman bagi tubuh.

12. Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Antioksidan juga dapat membantu melindungi jaringan paru-paru dari efek menghirup asap


Pewarta : E Yan

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama