Calon Mahasiswa dan Mahasiswi Wajib Tahu, Ini 3 Kampus Swasta Termahal di Indonesia

Foto ilustrasi mahasiswi yang sedang mengerjakan tugas kuliah

Bacadoloe.com - Bagi calon Mahasiswa dan Mahasiswi ada beberapa pertimbangan untuk memilih perguruan tinggi, ada beberapa aspek atau kriteria yang akan dipilih.


Selain dari jurusan yang menjadi kriteria ada pula masalah biaya SPP yang menjadi pilihan, kita ketahui bersama tidak semua masyarakat mampu membayar SPP yang mahal tentunya akan memilih biaya yang lebih murah dan mudah dijangkau


Ada beberapa kampus swasta termahal di Indonesia, kesehatan dan pendidikan kini menjadi hal yang paling mahal. Utamanya pendidikan, terlebih yang dikelola swasta, tak jarang mengharuskan orang mengeluarkan biaya selangit.


Karena faktor itu hanya orang tertentu saja yang bisa mengenyam pendidikan di kampus swasta, terlebih yang berkualitas. Lalu, kampus swasta mana saja yang masuk kategori termahal di Indonesia?


Biaya kuliah yang mahal pada kampus swasta memang bukan tanpa sebab. Tidak mendapatkan subsidi pemerintah dalam pengelolaannya, harus menghidupi dan memfasilitasi diri dengan lengkap hingga memiliki kualitas bertaraf internasional, itu yang menjadi alasannya biaya mahal ialah untuk mengimbangi fasilitas yang harus disediakan kepada mahasiswa.


Dibawah ini adalah daftar 5 kampus swasta termahal Indonesia yang dirangkum oleh Kelas Pintar. Apakah ada kampus tujuan kamu?


.President University

Pada urutan pertama ada President University adalah universitas yang berada di daerah Cikarang, dan dikenal sebagai kampus swasta paling mahal di Indonesia tapi juga ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai.


Kampus ini dimilikivdan dikelola oleh Jababeka Industry dan dikenal dengan pendidikan internasionalnya, kampus ini menawarkan berbagai fakultas unggulan, termasuk Manajemen, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Teknik Industri, Teknok Elektro, Teknik Mesin, Sistem Informasi, HI, Ilmu Komunikasi, dan Hukum.


Kalau untuk jenjang sarjana saja, kampus ini mematok biaya Rp30.000.000 per semester. Tidak berlebihan jika President University dimasukan ke dalam daftar kampus swasta termahal di Indonesia. Karena dalam satu semester saja sudah biayanya hanya bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat tertentu.


.Swiss German University (SGU)

Kampus Swiss German University adalah universitas yang berada di daerah Serpong,Tangerang.


Universitas sawasta tercatat kampus termahal kedua di Indonesia. Kita lihat saja saja biayanya. Untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi di SGU, kita harus merogoh kantong setidaknya Rp24 juta hingga 28 juta per semester. Ini termasuk kategori yang lumayan bagi masyarakat Indonesia.


Ada beberapa faktor yang menyebabkan mahalnya kampus tersebut karena didukung oleh tenaga pengajar asingbyang memang kompeten di bidangnya masing-masing.


Bukan hanya itu, kampus bertaraf internasional ini juga menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris, access card untuk masuk di gate way, ruangan kuliah yang ber-AC, adanya meeting room, kantin, dan fasilitas pendukung belajar seperti laboratorium, proyektor dan perpustakaan yang mumpuni yang bisa memenuhi semua kebutuhan mahasiswa dan mahasiswi dalam proses perkuliahan.


Kampus Swiss German University ada banyak pilihan fakultas, mulai dari Teknik Mekatronoka, Bisnis atau teknik Industri, Teknologi Informasi, Administrasi Bisnis Internasional, Manajemen Hotel dan Pariwisata, Akuntansi, Komunikasi dan hubungan masyarakat, Rekayasa Farmasi, Teknologi Pangan, Teknik dan Biomedis.


.Universitas Pelita Harapan

Masih dalam pembahasan kampus swasta ialah Universitas Pelita Harapan (UPH) memiliki beragam prodi, mulai dari Arsitektur, Bioteknologi, Matematika Terapan dan Aktuaria, Edukasi, Pengelolaan Perhotelab, Teknik Industri, Hubungan Internasional, Desain Produk, Industri Perjalanan dan Pariwisata, Desain Komunikasi Visual, dan lain-lain.


Selain pilihan pridi yang lengkap, UPH juga dilengkapi dengan UPH Clinic, Hope Counseling & Assesment Center, gym, kolam renang, lapangan sepak bola, lapangan badminton, lapangan futsal, fasilitas biliar, dan lapangan basket.


Adanya fasilitas yang mumpuni, maka tidak heran bila UPH menjadi salah satu k ampus swasta paling mahal di Indonesia, Biaya kuliah semester pertama adalah Rp41,6 juta – Rp171,75 juta sesuai prodi, terdiri dari Admission Fee, Credit Fee, Semester/Term Fee, biaya Learning Facilities, biaya jaket, dan biaya orientasi.


Itulah 3 kampus swasta dengan biaya SPP yang mahal dan hanya bisa dijangkau oleh kalangan tertentu, selain itu masih banyak lagi kampus swasta dengan biaya kuliah yang mahal di Indonesia.


Pewarta: Ady

Editor: Nys 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama