Bisa Jadi Referensi, 3 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dicari Perusahaan Startup

Foto ilustrasi tentang Jurusan Teknik Informatika 

Bacadoloe.com - Pada zaman sekarang ini sudah canggih, tidak bisa lepas dari yang namanya Teknologi. Oleh karena itu bagi calon mahasiswa dan mahasiswi banyak pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah sesuai dengan keinginan dan peluang kerja pasca lulus.


Kalau untuk saat ini bidang teknologi berkembang pesat. Apalagi di masa pandemi, hampir seluruh kegiatan masyarakat beralih ke ranah digital, mulai dari belanja, bekerja atau sekolah, sampai kumpul bersama teman ialah dengan online.


Pada saat pandemi adanya pembatasan untuk tatap muka agar bisa memutus penyebaran Covid-19 banyak kegiatan dilaksanakan dengan online seperti Zoom Meeting, proses belajar mengajar dari rumah atau jarak jauh bagitu pula masalah pekerjaan WFH.


Dengan kondisi seperti ini ternyata membuat bidang rintisan atau startup menjadi berkembang dan cukup banyak diminati. Bahkan, ada ribuan perusahaan startup tumbuh dan berkembang di era digital ini karena faktor menjadi kebutuhan bagi semua kalangan.


World Economic Forum (WEF) melakukan survei terhadap 56 ribu orang dengan kelompok usia 15-35 tahun di Asia Tenggara yang menunjukkan adanya minat besar untuk bekerja di sektor teknologi .


WEF melakukan survei tersebut juga menunjukkan bahwa sebanyak 33 persen di antaranya menaruh minat bekerja di perusahaan yang menuntut skill tinggi terhadap tekhnologi.


Sobat Bacadoloe, apakah kamu salah satu orang yang juga bercita-cita kerja di startup? 

Apanila kamu masuk dibagian itu, kamu sebaiknya sudah mulai memfokuskan pendidikan atau jurusan ke ranah tersebut agar bisa mengasah skill dan kemampuanmu di bidang teknologi 


Dibawah ini adalah rekomendasi 3 jurusan untuk bekerja di startup yang bisa kamu pertimbangkan dan bisa kalian pilih dalam menempuh pendidikan sarjana.


1. Jurusan Teknik Informatika


Memang sudah kita ketahui bersama , perusahaan startup merupakan perusahaan yang mengembangkan bisnisnya dengan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman.


Maka dari itu, salah satu keahlian yang banyak dicari perusahaan startup yaitu keahlian di bidang teknik informatika. Ini bisa menjadi pertimbangan untuk menempuh pendidikan sarjana dibidang ini karena peluang dan lowongan pekerjaan sangat banyak.


Jurusan Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang mempelajari interaksi antara manusia dengan teknologi, seperti pembuatan software dan bidang pemrograman lainnya.


Jenjang karier bagi lulusan Jurusan Teknik Informatika di perusahaan startup di antaranya web developer dan mobile developer memiliki prospek yang bagus.


2. Jurusan Teknik Komputer


Untuk yang selanjutnya, masih berkaitan dengan bidang teknologi, keahlian teknik komputer juga banyak dibutuhkan perusahaan startup. Karena dengan perkembangan digital pemahaman terhadap komputer menjadi kebutuhan pokok.


Oleh sebab itu, kamu bisa mempertimbangkan mengambil Jurusan Teknik Komputer jika ingin bekerja di perusahaan rintisan.


Jurusan ini merupakan jurusan yang mendalami bidang komputerisasi, contohnya seperti mempelajari algoritma dan keamanan jaringan komputer. 


Berbicara peluang karier di startup yang terbuka untuk Jurusan Teknik Komputer adalah big data engineer, machine learning engineer, dan information security analyst.


3. Jurusan Manajemen


Bukan hanya bidang teknologi saja, perusahaan startup juga membutuhkan seseorang yang memiliki pengetahuan mengenai seluk beluk organisasi untuk membangun flow kerja yang rapi.


Maka dari itu, Jurusan Manajemen bisa kamu pertimbangkan, nih, untuk mengejar karier di dunia startup. 


Jurusan Manajemen merupakan jurusan yang mempelajari seluk beluk suatu organisasi atau perusahaan. Prospek karier yang terbuka untuk Jurusan Manajemen pun cukup beragam, kamu bisa berkarir di bidang marketing, finance, hingga human resource.


Pewarta: Ady

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama