Berikut Profil 5 Tokoh Yang Akan Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional 2022 oleh Joko Widodo

Salah satu daftar tokoh yang akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional 2022 oleh Joko Widodo

Bacadoloe.com -  Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia Mahfud MD selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, mengumumkan 5 tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional 2022.

Mahfud MD menjelaskan bahwa kelima tokoh itu merupakan pejuang sekaligus pengisi kemerdekaan RI.

"Tahun 2022 ini Presiden (Joko Widodo) akan anugerahkan lagi gelar Pahlawan Nasional kpd 5 tokoh yang ikut merebut dan mempertahankan kemerdekaan," tulis Mahfud MD dikutip dari akun Twitter miliknya, Kamis (3/11/2022).

Adapun daftar 5 tokoh yang akan dianugerahi pahlawan nasional 2022 oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai berikut:

1. Dr. dr. H. R. Soeharto

Keikutsertaan dalam menyelamatkan bendera pusaka merah putih, pendirian organisasi ikatan dokter Indonesia, pendirian organisasi ikatan dokter Indonesia pendidikan organisasi perkumpulan keluarga berencana Indonesia (PKBI), pembangunan proyek mercusuar dan objek vital masa presiden soekarno (pembangunan department) store sarinah, pembangunan monumen nasional dan pembangunan masjid istiqlal), pendirian rumah sakit Jakarta dan pendirian perhimpunan dokter keluarga Indonesia (PDKI).

Namanya diabadikan sebagai gedung di kantor perkumpulan keluarga berencana Indonesia, salah satu jalan di kab. Klaten, memiliki ruang koleksi khusus memorabilia di museum joang 45.

2. KGPAA paku Alam VIII

Paku Alam VIII adalah raja dari kadipaten pakualaman (tahun 1937-1989). Sebagai raja, perjalanan hidup paku alam VIII tentunya penuh dengan kegiatan politik dan pemerintahan, tetapi juga bergerak di bidang olahraga. Keputusan yang strategis paku alam VIII adalah ketika ia mengatakan bersekutu dengan sultan hamengkubowo IX . Peristiwa yang terjadi masih di masa penjajahan belanda mempunyai makna yang sangat strategis dalam perjalan NKRI.

3. Haji Salahuddin Bin talabuddin

Haji Salahuddin bin talabuddin telah mengabdi selama 32 Tahun (1916-1948) melalui perjuangan organisasi SJII dengan semboyan perjuangan “Hidup Islam, Hidup sarekat Islam, Hidup RI Allahu Akbar”. Semboyan tersebut ditebusnya melalui pembuangan ke sawahlunto tahun 1918-1923, pembuangan nusa kambangan tahun 1941 dan dipindahkan ke boven digul tahun 1942.

Namanya diabadikan sebagai nama kelurahan di kota ternate, markas kompi D Raider 732, salah satu jalan di kota weda dan nama yayasan pendidikan haji di kec. Patani

4. dr. raden Rubini Natawisastra

menjalankan misi kemanusiaan sebagai dokter keliling di dareh terpencil dan pendalaman kalbar, tugas ini dilakukan dengan melayani penduduk tanpa membeda-bedakan status baik orang kaya maupun miskin. Memasuki bidang politik sejak masuk sebagai anggota parindara pada tahun 1930 dan terus berkembang gagasan dan tindakan melawan penjajah baik terhadap belanda maupun jepang. Sikap gigih melawan penjajah tersebut tak pernah gagah sampai ajal merenggut bersama sang istrinya Ny. Amelia Rubini Karena dihukum mati oleh jepang.

Namanya diabadikan sebagai salah satu jalan dan rumah sakit di kab. Mempawah, Kalimantan barat.

5. K.H. Ahmad sanusi

K.H. Ahmad sanusi adalah salah satu tokoh pendidikan yang secara tidak langsung melibatkan dirinya kepada politik kebangsaan. Namanya mulai menjadi perhatian penguasa colonial ketika ia membela nama baik sarekat islam (SI) pada tahun 1913 ketika masih berada di mekkah dalam tulisannya Nahratut I dharma, K. H. Ahmad Sanusi Masuk menjadi salah satu anggota BPUPKI yang memasukkan konsep IMAMAt (demokrasi) sebagai landasan bentuk pemerintahan Indonesia yang akan dimerdekakan.

Sumbangan penting K.H. Ahmad sanusi selama perang kemerdekaan adalah fatwanya yang menyebutkan bahwa DI/TII pimpinan Kartosuwiryo tidak islam dan mengajak kaum islam di jawa barat untuk tetap berdiri di belakang NKRI, yang kemudian diikuti oleh sebagian besar kiai dan pengikutnya di wilayah priangan, termasuk di wilayah garut yang menjadi sarang DI/TII.

Mahfud MD menjelaskan kelima tokoh itu dipilih berdasarkan usulan dari berbagai daerah dan hasil dari seleksi.

Sebagai informasi, pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan pada Warga Negara Indonesia yang berjuang melawan penjajah Indonesia. 

Pahlawan Nasional merupakan seseorang yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi untuk kemajuan bangsa.


Pewarta : E Yan

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama