Berikut Fakta Unik Piala Dunia Qatar 2022, Beda dengan yang Lain

Salah satu stadion megah dan mahal Piala Dunia Qatar 2022

Bacadoloe.com - Piala dunia merupakan pesta empat tahunan sepakbola dunia. Piala dunia Qatar 2022 merupakan pertama kalinya, turnamen dimainkan di Timur Tengah.

Turnamen Piala Dunia Qatar 2022 ini dilangsungkan pada musim dingin. Beda dengan piala dunia lainnya yang dilaksanakan pada musim panas.

Sebelumnya, terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia sudah menjadi perhatian dunia. Pasalnya Qatar berhasil mengungguli beberapa negara besar lain yang juga jadi kandidat, seperti beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat.

Turnamen di Qatar juga jadi daya tarik tersendiri bagi dunia sepakbola. Pasalnya, ada banyak tantangan yang perlu dihadapi oleh tuan rumah, khususnya soal iklim Timur Tengah yang cenderung kurang mendukung.

Kondisi iklim inilah yang jadi alasan pergeseran jadwal turnamen ke musim dingin. Sehingga dunia sepakbola berharap suhu udara di Qatar bisa cukup bersahabat untuk para pemain dan fans yang berdatangan.

Berikut daftar fakta unik piala dunia Qatar:

1. Ramah untuk penonton

Diketahui paling ramah tempuh karena Qatar bukanlah negara besar, dengan luas wilayah sekitar 11.500 km persegi. Sehingga delapan stadion yang digunakan tersebut memiliki jarak tempuh yang cukup berdekatan.

Keunikan ini membuat jarak tempuh antar stadion menjadi lebih ramah bagi fans. Stadion-stadion tersebut terpusat di Doha, Lusail, Al Rayyan, dan Al Wakrah.

2. Stadion paling sedikit

Keunikan lainnya adalah soal jumlah stadion yang tidak cukup banyak. Tercatat, hanya ada 8 stadion yang akan digunakan untuk menggelar semua pertandingan di Piala Dunia Qatar.

Hal unik dari delapan stadion tersebut, tujuh di antaranya adalah stadion yang dibangun baru dari nol. Hanya satu stadion lama yang dianggap layak digunakan, itu pun harus direnovasi.

3. Piala dunia termahal

Tercatat Qatar menggelontorkan dana investasi besar-besaran untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2022. Secara garis besar, Qatar sudah mengeluarkan sekitar 200 miliar USD untuk berbagai keperluan infrastruktur piala dunia.

4. Digelar musim dingin

Tak biasa piala dunia 2022 akan jadi edisi pertama yang diselenggarakan di musim dingin. Biasanya kompetisi dimainkan di musim panas seperti piala dunia sebelumnya.

Tercatat temperatur Timur Tengah memang jadi tantangan tersendiri. Di musim panas, suhu udara bisa mencapai 46-50 derajat celsius, kurang bagus untuk olahraga. Sehingga FIFA memutuskan menggeser jadwal ke musim dingin dengan harapan suhu udara lebih nyaman.

5. Menggunakan pendingin udara / AC

Dalam rangka mengantisipasi iklim panas, Qatar juga membangun stadion khusus dengan tambahan pendingin udara. Untuk pertama kalinya dibangun stadion dengan pendingin udara penuh.

Semua stadion yang digunakan piala dunia memiliki mesin pendingin udara. Harapannya fans dan pemain merasa lebih nyaman ketika menonton di stadion.

6. Potensi penonton paling banyak

Ajang piala dunia Qatar diselenggarakan pada akhir tahun berarti lebih dekat dengan liburan nasional di beberapa negara. Artinya, Piala Dunia kali ini mungkin lebih mudah dinikmati.

Menurut perkiraan FIFA, Piala Dunia 2022 bisa saja memecahkan rekor pengunjung sepanjang sejarah. Diprediksi ada banyak fans yang bisa bepergian karena sekalian menjadwalkan liburan akhir tahun.

7. Pertama kali di Timur Tengah dan kedua di Asia

Qatar adalah negara Timur Tengah pertama yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Bahkan Qatar sekaligus jadi negara kedua di Benua Asia yang mendapatkan kehormatan.

Sebelumnya, Piala Dunia pertama kali mendatangi Asia pada tahun 2002 lalu, dengan Korea-Jepang sebagai tuan rumah bersama.


Pewarta: Hendra

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama