Berikut 5 Kayu Paling Mahal di Dunia, Nomor 1 Dijual Hingga Ratusan Juta Per Kg

Kayu Gaharu, Kayu paling mahal di dunia yang harganya mencapai ratusan juta per Kg

Bacadoloe.com - siapa yang tidak tau dengan kayu? Pastinya semua orang Indonesia tau karena negara ini adalah negara dengan hutan paling besar di dunia.


Ribuan kayu tegak berdiri di pinggir-pinggir jalan dan di lahan-lahan, baik di desa maupun di kota, pohon kayu sudah menjadi pemandangan yang familiar di mata warga Indonesia.


Kayu memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia, mulai dari furnitur di rumah hingga keperluan bermusik, kayu bisa ditemukan di mana-mana.


Tapi tahukah kalian bahwa ada kayu yang harganya mencapai ratusan juta per Kg ?.


Harga yang fantastis tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal, yakni Keawetan, keindahan penampilan,dan kelangkaan.


Berikut Bacadoloe.com sajikan 5 kayu paling mahal di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Kayu Gaharu


Kayu Gaharu atau Agarwood tercatat menjadi salah satu kayu paling mahal di dunia. Kayu ini memiliki aroma yang harum sehingga banyak perusahaan memanfaatkan resinnya sebagai bahan baku parfum. 


Kayu Gaharu sebenarnya berwarna terang. Namun warna gelap kayu ini dihasilkan oleh getah yang merupakan infeksi jamur yang muncul sebagai respon pertahanan. 


Kayu Gaharu dengan kualitas baik dihargai Rp 53 juta per Kg di pasaran lokal, namun bakal dijual kisaran Rp 133 juta per Kg di pasar internasional.


2. Kayu Tigerwood


Kayu Tigerwood adalah jenis kayu keras yang sangat awet dan tahan pembusukan. Karena kualitasnya, kayu ini dijual Rp6,5 juta per meter kubik.


Serat kayu Tigerwood sangat bagus, namun sayangnya kayu ini tidak bisa dibudidayakan, oleh karena itu harga kayu Tigerwood sangat mahal, karena permintaan dan ketersediaan yang tidak pernah berimbang.


3. Kayu Eboni


Kayu Eboni biasa ditemukan di alat-alat musik seperti biola, gitar, piano, dan masih banyak lagi.


Selain bisa tumbuh hingga 40 meter, kayu Eboni juga tenggelam di dalam air karena kepadatannya yang tinggi. Kayu Eboni memiliki tekstur yang baik sehingga banyak digunakan untuk furniture dengan kualitas premium.


Kayu ini dihargai sebesar Rp 7 juta per meter kubik jika kualitasnya bagus dan warna hitam nya merata di seluruh permukaan.


4. Purple Heart


Kayu Purple heart banyak ditemukan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Keunikan dari kayu Purple Heart adalah warna yang asalnya coklat tua akan berubah menjadi merah muda setelah ditebang.


Kayu ini sudah digunakan sejak jaman dulu mengingat banyak sekali barang-barang kuno berbahan dasar purple heart. Selain itu, kayu ini juga memiliki ketahanan terhadap air dan juga perubahan suhu.


Pengolahannya yang sulit membuat kayu ini dihargai sebesar US$180-280 per meter kubik.


5. African Blackwood


Tumbuh di dataran Afrika, kayu ini dihargai Rp 7 juta sampai Rp 10 juta per meter kubik. 


Kayu African Blackwood tahan sangat lama, sulit mengalami pembusukan, dan tahan terhadap serangan serangga. African Blackwood juga sering digunakan untuk pembuatan alat musik mewah seperti gitar dan piano.


Itulah tadi 5 jenis kayu paling mahal di dunia, kalian punya kayu jenis apa ?



Pewarta : Nur

Editor : Nys


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama