5 Universitas Terbaik Di Malang Versi UniRank, Nomor Satu Tidak Disangka-sangka

Universitas Islam Negeri Malang hasil foto drown

Bacadoloe.com - UniRank melakukan seleksi peringkat universita dengan sejumlah indikator, Pertama, diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara. Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun (gelar sarjana) atau gelar pascasarjana (gelar master atau doktoral). Ketiga, melakukan perkuliahan terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, nonjarak jauh.

Peringkat ini diurutkan oleh UniRank dan dicatat pada IREG Observatory dari lima web metrik yang berdiri sendiri dan tidak memihak universitas tertentu. Dari sekitar 4.000 perguruan tinggi di Indonesia hanya 582 perguruan tinggi Indonesia yang memenuhi kriteria seleksi uniRank. UniRank menerbitkan Peringkat Universitas Indonesia 2022. Data tersebut berisi peringkat 582 perguruan tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS)yang memenuhi kriteria seleksi UniRank.

Malang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan sebutan "Kota Pelajar" karena terdapat banyak sekali sekolah dan universitas yang terdapat di kota ini. 

Kualitas universitas-universitas yang ada di Malang pun sudah banyak diakui sehingga membuat Malang menjadi kota tujuan para mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan mereka di perguruan tinggi. Di antara banyaknya universitas yang ada di Malang. 

Berikut adalah 5 universitas terbaik yang ada di Malang :

1. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya adalah salah satu universitas paling populer di Indonesia dan selalu menempati top 10 universitas terbaik di Indonesia. Universitas yang didirikan pada 5 Januari 1963 ini memiliki  kampus dengan kampus pusat berlokasi di Jl. Veteran, Kota Malang yang berdekatan dengan lokasi kampus pusat Universitas Negeri  Malang. Pada tahun 2022, universitas ini berhasil menempati peringkat 3 universitas terbaik di Indonesia versi Unirank.

2. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang merupakan universitas tertua yang ada di Malang. Universitas ini didirikan pada 18 Oktober 1954 dan menjadi selalu menjadi top 3 universitas pendidikan terbaik di Indonesia. Universitas ini memiliki 3 kampus dengan kampus utama berlokasi  di Jl. Semarang, Kota Malang yang leaknya tak jauh dari kampus pusat UB. Info terbaru, Universitas Negeri Malang sedangb mempercepat pendirian Fakultas Kedokteran. Pada tahun 2022, universitas ini berhasil menempati peringkat 20 universitas terbaik di Indonesia versi Unirank.

3. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan universitas swasta terbaik yang ada di Malang. Universitas yang didirikan pada 6 Juni 1964 ini memiliki 3 kampus. Pada tahun 2022, UMM berhasil menempati peringkat ke-23 universitas terbeaik di Indonesia versi Unirank.

4. UIN Maulana Malik Ibrahim

UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) didirikan pada 21 Juni 2004. UIN Maliki memiliki 2 kampus, di mana kampus 1 dikhusukan untuk program Sarjana yang berlokasi di Jl, Gajayana, Kota Malang, sedangkan kampus 2 dikhususkan untuk program magister. Pada tahun 2022, UIN Maliki berhasil menempati peringkat ke-40 universitas terbaik di Indonesia versi Unirank.

5. Universitas Islam Malang

Universitas Islam Malang (UNISMA) merupakan universitas islam yang berda di bawah naungan NU. Universitas ini didirikan pada 27 Maret 1981 yang awalnya bernama Yayasan Sunan Giri.  Pada tahun 2022, UIN Maliki berhasil menempati peringkat ke-48 universitas terbaik di Indonesia versi Unirank.


Pewarta: Eru

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama