5 Bandara di Indonesia Dengan Nama Pahlawan

Foto Bandara Juanda Surabaya Jawa Timur 


Bacadoloe.com - Pada setiap tanggal 10 November, orang Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan. Tentunya itu suatu kelaziman yang harus terus dilakukan, mengingat Pertempuran Surabaya yang terjadi hampir tujuh puluh tujuh tahun lalu itu memang sebuah peristiwa yang luar biasa dan patut dikenang dalam sejarah lahirnya republik ini.


Namun mungkin tak banyak orang Indonesia yang tahu jika Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya sejatinya hanya rentetan dari peristiwa dua minggu sebelumnya. Saat itu, pasukan Inggris yang mewakili Sekutu di Indonesia nyaris saja hancur lebur, andaikan Presiden Sukarno tidak mau menyelamatkan mereka. Saya selalu menyebut peristiwa 28-29 Oktober 1945 itu sebagai "Pertempuran Surabaya yang tak dikenang" atau "Pertempuran Surabaya I".


Sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan beberapa pahlawan yang telah gugur, beragam cara yang dilakukan bangsa Indonesia. Salah satunya ialah memberi nama bandara dengan nama para pahlawan.


Tahukah kamu? direktorat jenderal perhubungan udara mencatat, ada sebanya 251 bandara domestik dan Internasional di tanah air.


Bandara-bandara tersebut banyak menggunakan nama Pahlawan Nasional, Berikut ini 5 diantaranya!


1. Bandara I Gusti Ngurah Rai


Nama Bandara yang ada di Bali diambil dari nama pahlawan nasional Indonesia, Brigjen TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai yang berasal.dari Bandung, Bali.


2. Bandara Juanda


Nama pahlawan nasional Ir. Djuanda Kartawidjaja atau yang dijuluki sebagai Pencetus Wilayah Laut Dalam Indonesia diabadikan menjadi nama bandara di Surabaya Jawa Timur.


3. Bandara Sultan Hasanuddin


Bandara yang sempat berganti nama sebanyak empat kali ini, akhirnya diberi nama salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Makassar, Sultan Hasanuddin atau juga dijuluki sebagai Ayam Jantan Dari Timur.


4. Bandara Halim Perdanakusuma


Nama bandara ini diambil dari navigator pesawat pembom pertama Indonesia atau juga sebagai Bapak Penerbangan AURI yaitu Abdul Halim Perdanakusuma.


5. Bandara Depati Amir


Di pangkal pinang, Bangka Belitung, Namanya sendiri diambil dari nama pahlawan Nasional asal Bangka, yaitu Depati Amir yang dijuluki sebagai Panglima Perang Bangka.


Pewarta: Ady

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama