4 Pondok Pesantren Modern dan Salafiyah di Jawa Timur yang Bisa Menjadi Pilihan

 

Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur

Bacadoloe.com - Provinsi Jawa Timur adalah wilayah yang terletak paling timur kawasan pulau Jawa. Dimana pada wilayah inilah sangat terkenal memiliki banyak sekali jenis pondok pesantren baik itu modern dan salafiyah.


Jawa Timur terdapat pondok modern dan juga pondok salafiyah yang terkenal yang terletak di beberapa kabupaten.


Pondok pesantren dapat ditemukan di daerah perkotaan hingga pelosok desa yang kurang dari keramaian masih saja dapat ditemukan pondok pesantren tempat remaja dan anak-anak menimba ilmu.


Tida jarang untuk sosok pemimpin di Jawa Timur berlatar belakang santri, bahkan sosok pemimpin di Indonesia ada yang berasal dari Provinsi Jawa Timur. Seperti Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dari pesantren Tebu Ireng, Mahfud MD, dan Gubernur Jawa Timur saat ini ialah Khofifah Idra Parawansah berlatar belakang santri 


Berikut daftar Nama Pondok Pesantren di Jawa Timur yang bisa menjadi pilihan:


1. Pondok Pesantren Tebu Ireng


Pondok Pesantrean di Jawa Timur  pertama yang bisa menjadi pilihan ialah Tebu Ireng, yang sudah memiliki ribuan jumlah alumni tersebar di Indonesia, bahkan di tempat ini juga menjadi sejarah kelahiran atas NU (Nadhlatul Ulama') sebagai ormas terbesar di Indonesia.


Lokasi Pondok Pesantren ini berada di Jombang juga menjadi daftar adanya pondok pesantren NU terbaik di Indonesia karena fasilitas sarana dan prasarana yang memadai dan sudah tersedia


2. Pondok Pesantren Lirboyo di Kediri


Selanjutnya ada Pondok Pesantren di Provinsi Jawa Timur adalah Lirboyo yang dikenal memiliki sejumlah alumni terbaik di Indonesia, bahkan setiap provinsi yang ada di NKRI memiliki himbunan khusus untuk yang pernah menyantren disini sebagai wadah dan ikatan para alumni.


Kalau untuk sistem pendidikannya formalnya juga ada SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi. Maka pantas saja jika pondok pesantren di Kediri ini memiliki kemajuan yang amat pesat karena sama-sama tersedia pendidikan formal dan non formal.


3. Pondok Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep


Selanjutnya ada pesantren yang terkenal dan terletak di pulau Madura, agama islam mulai berkembang di daerah ini yaitu di daerah peranduan.


Pondok pesantren Al Amien Prenduan Sumenep ini terletak di daerah Komplek Al-Amien II, Jalan Pamakasan Sumenep dan Peragaan Laok Dusun Pragaan Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep Madura.


Untuk pendidikan difalam pondok pesantren yang ada di Sumenep ini terdapat pendidikan umumnya. Jenjang pendidikan yang ada di pondok tersebut adalah untuk jenjang smp, SMA, SD, Sampai TK ada di pondok pesantren Al Amien Prenduan Sumenep ini. 


Dengan adanya fasilitas yang disediakan maka perkembangan pondok yang semakin besar menjadikan pondok ini semakin banyak di segani dan peminatnya tambah banyak.


4. Pondok Pesantren An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep


Selanjutnya masih tetap dilokasi yang sama ialah di pulau garam Madura ada Pondok pesantren An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep merupakan salah satu pondok yang sampai saat ini telah memiliki beberapa cabang di berbagai daerah, kurang lebihnya ada 11 daerah yang terdapat pondok pesantren ini yang menjadi cabang dari Madura. 


Untuk pondok pesantren ini terdapat berbagai macam jenis pendidikan mulai dari pendidikan umum dan juga pendidikan agama Islam yang fasilitasnya sama-sama ada.


Pewarta: Ady
Editor: Ls

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama