4 Pemain Keturunan Indonesia Di Piala Dunia, Nomor Satu Pernah Menolak Timnas Indonesia

Nigel De Jong saat tampil di pertandingan Final Piala Dunia 2010


Bacadoloe.com - Tercatat kurang lebih sekitar 4 pemain keturunan Indonesia yang bermain di Piala Dunia bersama Timnas Belanda. Bahkan satu pemain saat ini masih aktif bermain, dan menjadi andalan timnya. 

Piala Dunia selalu menjadi perbincangan hangat setiap edisinya. Timnas Indonesia pun memiliki sejarah panjang terkait Piala Dunia. Meski sudah ikut andil dari tahun 1938 menyusul mundurnya Jepang, tapi saat itu Indonesia masih menjadi koloni Belanda (Hindia Belanda). 

Berbicara mengenai pesepakbola Indonesia dan Belanda tentu tak bisa diabaikan. Bahkan, tercatat ada 4 pemain keturunan Indonesia yang pernah sukses bermain di Piala Dunia bersama Timnas Belanda. 

Berikut 4 Pesepakbola Keturunan Indonesia yang  Bermain di Piala Dunia Bersama Timnas Belanda

1. Pascal Struijk

Pascal Struijk dikabarkan akan berpartisipasi di Piala Dunia 2022 yang akan datang. Siapa sangka, pemain Timnas Belanda ini ternyata berdarah Indonesia. Meski baru berusia 23 tahun, Struijk memiliki kemampuan yang baik ketika di Leed United.

Struijk mewarisi darah Indonesia melalui kakek dan nenek dari ayahnya. Pemain dengan tinggi 190 ini bisa saja memperkuat Indonesia, bahkan sempat ditawari untuk bergabung dengan skuad Garuda oleh PSSI. Namun ia menolak dan memilih Belanda. 

2. Nigel de Jong

Pemain keturunan Indonesia lainnya adalah seorang gelandang dan legenda dari Timnas Belanda. Pemain yang pernah sukses bermain di Piala Dunia bersama Timnas Belanda tersebut adalah Nigel de Jong. Ia bermain bersama Timnas Belanda pada Piala Dunia 2010. 

Nigel de Jong lahir pada 30 November 1984 di Amsterdam. Meski berkewarganegaraan Belanda, ia memiliki darah Indonesia melalui sang Ibu yang berasal dari Maluku.

3. John Heitinga

John Heitinga yang pernah berlaga di Piala Dunia 2006 dan 2010 juga pemain keturunan Indonesia. Saat itu, ia berseragam Timnas Belanda menempati posisi bek. Ia juga menjadi pemain yang sangat diandalkan di Everton.

Dalam sebuah wawancara, John Heitinga mengatakan bahwa ia lahir di Jakarta. Darah Indonesia mengalir dari sang ayah yang juga lahir di Jakarta. Sedangkan, kakeknya berasal dari Pulau Belitung.

Pada 1950, keluarga besar Heitinga menetap di Belanda. Itulah mengapa pria kelahiran 15 November 1983 ini menjadi pemain Belanda.

4. Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckhorst saat ini telah menjadi pelatih Rangers FC. Sepanjang kariernya, ia pernah menjadi bagian dari Timnas Belanda. Bahkan, ia ikut andil dalam Piala Dunia 1998, 2006 dan 2010. Tak hanya itu, pada Piala Dunia 2010 ia menjabat sebagai kapten tim.

Giovanni van Bronckhorst mengaku darah Indonesia diturunkan dari ibu dan neneknya. Nenek van Bronckhorst memiliki darah Maluku. Tahun 1950, seluruh keluarganya hijrah ke Belanda.

Demikian 4 pesepakbola keturunan Indonesia yang pernah sukses bermain di Piala Dunia bersama Timnas Belanda.


Pewarta:Eru

Editor : Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama