3 Kampus Jurusan Pendidikan Terbaik Versi THE WUR 2023, Stanford University Terbaik Di Dunia

Stanford University kampus terbaik di dunia Jurusan Pendidikan

Bacadoloe.com - Ingin melanjutkan karir dan berminat menjadi calon guru, pendidik, atau inovator di dunia pendidikan? Daftar kampus pendidikan terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2023 by Subject Education bisa jadi salah satu referensi.

Tahun ini, Stanford University menjadi universitas terbaik di dunia bidang pendidikan versi THE WUR 2023 by Subject Education. Stanford disusul University of California (UC) Berkeley dan Harvard University di peringkat 2 dan 3 global.

THE WUR 2023 by Subject Education merunut kampus-kampus yang terdepan di bidang ilmu pendidikan, pelatihan guru, dan studi akademik pada pendidikan.

Ada 655 kampus dari berbagai dunia yang masuk pemeringkatan tahun ini. Indikator kinerjanya peringkat ini terdiri dari 32,7 persen teaching (lingkungan pembelajaran), 32,6 persen riset (volume, pendapatan, dan reputasi), 27,5 persen sitasi (pengaruh riset), 7,5 persen international outlook (staf, mahasiswa, dan riset), dan 2,5 persen industry income (inovasi).

Kampus yang berhak masuk pemeringkatan THE WUR 2023 by Subject Education yakni perguruan tinggi yang telah mempublikasi minimal 100 makalah ilmiah terkait pendidikan dalam 5 tahun terakhir. Sebanyak minimal 1 persen atau 20 staf akademik juga diwajibkan dari disiplin ilmu pendidikan.

Universitas Negeri Malang (UM) meraih peringkat pertama kampus pendidikan terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023 by Subject. UM juga menempati peringkat 301-400 di dunia dalam pemeringkatan yang sama.

Kampus ini terdiri dari terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Psikologi, Sekolah Pasca, Kelas Internasional, dan Program Non Degree.

Di jenjang S1 Fakultas Ilmu Pendidikan, ada prodi S1 Bimbingan dan Konseling, Teknologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, dan Pendidikan Luar Biasa yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI menempati peringkat kedua kampus pendidikan di Indonesia versi THE WUR 2023 by Subject dan peringkat 401-500 dunia.

Di Fakultas Ilmu Pendidikan, UPI membuka Prodi Sarjana Administrasi Pendidikan, Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Khusus, Teknologi Pendidikan, Perpustakaan dan Sains Informasi, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Guru PAUD, dan Psikologi.

UPI juga memiliki Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Pendidikan MIPA, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, dan Sekolah Pascasarjana.

UNS menduduki peringkat ketiga kampus pendidikan terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023 by Subject. Kampus ini juga menempati peringkat 501-600 dunia di kategori bidang pendidikan.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS memiliki Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Luar Biasa, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Lebih lanjut, ada S1 Pendidikan Sejarah, S1 Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Solo), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kebumen), Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Sosial Antropologi.

Ada juga S1 Pendidikan Akuntansi, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Kimia, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, dan Pendidikan IPA.

FKIP UNS juga punya program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Ada 11 fakultas lain juga UNS, di samping satu Sekolah Vokasi dan satu Pascasarjana.


Pewarta : Eru

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama