12 Pemain Timnas Indonesia Di Ajang Piala Dunia, Berikut Sejarah dan Rekor Indonesia

Potret para pemain Timnas Indonesia di ajang Piala Dunia tahun 1938


Bacadoloe.com - Piala Dunia merupakan ajang turnamen sepakbola terbesar di Dunia. Semua peserta merupakan anggota resmi dari FIFA menjadi tontonan paling ditunggu oleh para pecinta sepakbola di berbagai penjuru dunia. 

Federation Internationale de Football Association (FIFA) selaku penyelenggara Piala Dunia atau World Cup, menggelar pertama kali turnamen empat tahunan tersebut di Uruguay pada tahun 1930.

Tahun ini, Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar yang akan mulai pertandingan awal pada tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022.

Negara perwakilan Asia yang paling banyak tampil di Piala Dunia atau FIFA World Cup adalah Korea Selatan. Sedangkan dari Asia Tenggara belum ada satu Negara pun yang pernah berpartisipasi kecuali Timnas Indonesia. 

Dikutip dari situs resmi FIFA, dalam sejarahnya, Timnas Indonesia pernah ikut Piala Dunia atau FIFA World Cup. Hal tersebut terjadi pada tahun 1938. Namun saat itu, Indonesia menggunakan nama Hindia Belanda.

Timnas Indonesia pertama kali ikut Piala Dunia atau FIFA World Cup, saat diselenggarakan di Perancis sebagai tuan rumah pada tahun 1938. Prestasi itu patut dibanggakan, meskipun Indonesia yang menggunakan nama Hindia Belanda itu berpartisipasi karena mundurnya Timnas Jepang di babak kualifikasi.

Alhasil, Indonesia atau Hindia Belanda saat itu, mewakili Asia di Piala Dunia atau FIFA World Cup di Perancis. Sekaligus mencatatkan rekor Timnas Indonesia berpartisipasi di ajang sepakbola terbesar di Dunia tersebut. 

Namun sayang, Timnas Indonesia takluk 0-6 saat melawan timnas Hungaria pada pertandingan pertama di Reims.

Atas kekalahan menyakitkan ini, membuat Timnas Indonesia harus pulang lebih awal.

Dan kekalahan ini merupakan rekor peserta Piala Dunia atau FIFA World Cup paling sedikit bertanding yakni 1 kali bertanding.

Rekor cuma 1 kali bertanding di Piala Dunia atau FIFA World Cup sampai saat ini tetap belum terpecahkan, dan itu diperoleh Timnas Indonesia.

Berikut 12 Nama Pemain Timnas Indonesia (Hindia Belanda) saat tampil melawan Hungaria di Piala Dunia atau FIFA World Cup 1938 di Perancis:

Penyerang: Frans Hu Kon dan Jack Samuels

Pemain Tengah: Achmad Nawir (c), Frans Meeng, Frans Meeng dan Sutan Anwar

Pemain Belakang: Tan Hong Djien, Isaak Pattiwael, Hans Taihuttu, Suvarte Soedarmadji dan Henk Zomers

Penjaga Gawang: Mo Heng Tan

Manajer: Johannes van Mastenbroek

Pewarta: Eru

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama