10 Negara Dengan Perekonomian Terbesar Di Dunia Versi IMF, Indonesia Berada Di Urutan Ketujuh

Foto bendera Indonesia 

Bacadoloe.com - Indonesia masuk kedalam 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia, dalam hal ini posisi Indonesia ada di peringkat tujuh unggul dari negara besar lainnya ialah Inggris hingga Prancis.


Kalau dari data Purchasing Power Parity (PPP) Indonesia ada di posisi ketujuh dengan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar US$4,1 triliun mengenai perekonomian.


Indonesia menempati posisi ketujuh mengalahkan negara Inggris yang berada diposisi delapan dengan PDB sebesar US$3,8 triliun.Kemudian posisi kesembilan di tempati oleh Brazil dengan PDB sebesar US$3,7 triliun, dan Prancis di urutan 10 dengan PDB US$3,7 triliun.


Negara kaya yang menempati posisi kedua ialah Amerika Serikat (AS) sebesar US$25,34 triliun, India US$11,74 truliun, Jepangan US$6,11 triliun, Jerman US$5,28 triliun, serta Rusia di posisi keenam dengan PDB US$4,37 triliun. Sementara itu.


Sementara Presiden RI Jokowi menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2023 sebesar 5,3 persen.


Hal ini merupakan target yang cukup wajar, ditegaskan oleh Jokowi menimbang dinamika perekonomian nasional terkini, agenda pembangunan serta potensi risiko dan tantangan yang dihadapi oleh negara Indonesia.


Indonesia akan berupaya secara maksimal dalam menjaga keberlanjutan penguatan ekonomi nasional," kata Jokowi dalam pidato pengantar RAPBN 2023 dan Nota Keuangannya.


Ada aspek yang harus dipacu oleh Indonesia ialah Investasi serta daya saing produk manufaktur nasional di pasar global, harus ditingkatkan," kata dia.


Apabila sektor swasta sebagai motor pertumbuhan sudah kuat, maka manajemen kebijakan fiskal dapat lebih diarahkan untuk menciptakan keseimbangan antara perbaikan produktivitas dan daya saing negara Indonesia terhadap negara lain.


Pewarta: Ady

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama