Tiga Pondok Pesantren Tertua Di Indonesia, Ada Sejak Masa Kolonial Belanda

Salah satu pondok pesantren tertua di Indonesia

Bacadoloe.com -  Tiga pondok pesantren tertua di Indonesia yang masanya tercatat sudah berdiri sejak masa kolonial Belanda.

Sebagian besar pondok tersebut berada di wilayah daerah Cirebon.

Indonesia memiliki banyak pesantren. Dari data Kementerian Agama tercatat pada tahun 2020 sedikitnya terdapat pesantren 28.194 di seluruh Indonesia dengan 5 juta jiwa santri mukim.

Dari sekian banyak ponpes tersebut, tercatat ada tiga pondok pesantren tertua di Indonesia. 

Semuanya berdiri sejak pada tahun 1700-an dan sebagian besar berada di wilayah Cirebon.

1. Ponpes Darul Ulum Banyuanyar

Pondok Pesantren yang berada di wilayah Banyuanyar Pamekasan Madura, bermula dari sebuah  musholla kecil yang didirikan oleh Kiai Itsbat Bin Ishaq sekitar tahun kurang lebih 1787 M/1204 H.

Pada awal berdirinya, Pondok Pesantren Darul Ulum hanya berlokasi di atas sebidang tanah tegalan yang sempit dan gersang yang kemudian dikenal dengan sebutan Banyuanyar.

Di lokasi inilah Kiai Itsbat mengasuh para santri- santrinya dengan penuh istiqomah dan sabar, sekalipun sarana dan fasilitas yang ada pada saat itu jauh dari hal kecukupan.

Pesantren ini lahir di sekitar pertengahan kedua di abad ke-18, yaitu kurang lebih di tahun 1788 Masehi atau bertepatan dengan 1204 Hijriah.

2. Pondok Pesantren Sidogiri 

Ponpes Sidogiri didirikan oleh seorang Ulama asal Cirebon Jawa Barat bernama Sayyid Sulaiman yang masih cucu Sunan Gunung Jati.

Sayyid Sulaiman membabat dan mendirikan pondok pesantren di Sidogiri dengan  dibantu oleh Kiai Aminullah, menantu sekaligus santrinya.

Dalam isi surat tahun 1971 yang ditandatangani oleh KA Sadoellah Nawawie, tertulis bahwa tahun tersebut 1971 merupakan hari ulang tahun Pondok Pesantren Sidogiri yang ke-226. 

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa Pondok Pesantren Sidogiri berdiri pada tahun 1745.

3. Pondok Pesantren Buntet

Pondok Pesantren Buntet didirikan oleh Kiai Muqoyyim.  Ulama tersebut merupakan  putra dari Kiai Badul Hadi yang merupakan keturunan bangsawan dari Kesultanan asal Cirebon.

Pondok Pesantren Buntet dikenal sebagai salah satu pondok pesantren tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun 1750.

Ditinjau dari masa sejarahnya, pendirian pondok pesantren legendaris di Jawa Barat itu merupakan hasil pelampiasan dari Kiai Muqoyyim saat dirinya keluar dari asal lingkungan Kasultanan Cirebon di Keraton Kanoman.

Asal Pondok Pesantren Buntet tersebut kemudian didirikan oleh Kiai Muqoyyim pada pasca kepergiannya dari Keraton Kanoman ke kawasan kampung Kedung Malang, Desa Buntet Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon.


Pewarta : Edi Supriyanto

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama