Tidak Ada Sanksi dari FIFA, Berikut 5 Poin Kesepakatannya dengan Indonesia

Presiden Jokowi saat siaran pers di Istana Merdeka (tangkapan layar)

Bacadoloe.com - FIFA tidak memberikan sanksi kepada Indonesia terkait tragedi Stadion Kanjuruhan Malang yang menyebabkan ratusan suporter meninggal dunia.


Dikutip dari akun resmi Kesekretariatan Presiden,Hal tersebut disampaikan langsung oleh Jokowi dalam siaran pers di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (7/10/2022).

 

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah Indonesia bersama-sama dengan FIFA akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. 


“FIFA bersama-sama dengan pemerintah Indonesia akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses-proses tersebut,” kata Presiden Jokowi dalam pernyataan persnya.


Dalam surat tersebut juga disampaikan bahwa sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA terkait tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang pada 1 Oktober 2022 yang lalu.


“Alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” kata Presiden Jokowi.


Lebih lanjut, Presiden juga memaparkan bahwa akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan pemerintah Indonesia. Berikut 5 poin kesepakatan nya


1. membangun standar keamanan stadion di seluruh stadion yang ada di Indonesia;


2. memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional;


3. melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama;


4. mengatur jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada; serta


5. menghadirkan pendampingan dari para ahli di bidangnya.



Pewarta : Nur

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama