Raja Dangdut Rhoma Irama Trending Rilis Lagu Terbaru, Berikut Fakta-fakta Yang Jarang Orang Tahu

Momen mesra dari video klip lagu terbaru Rhoma Irama bersama Elvy Sukaesih

Bacadoloe.com - Rhoma Irama sosok yang dikenal dengan sebutan bang Rhoma bukan orang sembarangan di Indonesia. Pastinya dia tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sosoknya bukan hanya dikenal sebagai Raja Dangdut, namun juga seorang aktor dan pendakwah yang memiliki penggemar dalam jumlah yang sangat besar dan militan, baik di dalam maupun luar negeri.

Sepanjang kariernya, Rhoma Irama berhasil mendapatkan berbagai macam penghargaan. Menariknya, tidak hanya penghargaan di industri hiburan, penghargaan di bidang akademik pun diraih oleh bang Rhoma yang merupakan pria kelahiran Tasikmalaya 11 Desember 1946 tersebut. 

Saat ini Rhoma Irama kembali Trending lantaran lagu terbaru yang ia ciptakan dan nyanyikan bersama Elvy Sukaesih.

Sebagaimana publik figur lainnya, Rhoma Irama juga pernah menerima gosip-gosip miring dan isu tidak mengenakkan berkaitan dengan dirinya. Berikut Fakta-fakta Yang Jarang Orang Tahu.

1. Berkarier di dunia musik sejak usia 11 tahun

Ketika berbicara mengenai Rhoma Irama, tentu benak kita langsung memikirkan dunia musik dangdut. Bahkan karena populernya di bidang hiburan, bang haji Rhoma mendapat julukan sebagai Raja Dangdut. Faktanya, Ia memang sudah menggeluti dunia musik sejak berusia 11 tahun. Bahkan di usia 17 tahun, sudah bergabung dengan beberapa grup musik seperti Gayhand dan Orkes Chandra leka.

2. Melejit setelah mendirikan grup Soneta

Mendengar nama Soneta pasti identik dengan Rhoma Irama. Soneta merupakan nama group musik yang dia bentuk, group musik yang nantinya membawa kepada puncak kesuksesan. Praktis setelah berdirinya Soneta, bang haji semakin populer dan karirnya dalam dunia hiburan menjadi mentereng. Bahkan mengantarkan dirinya menjadi idola anak muda dan orang tua saat itu. 

Sejak saat itu, Rhoma Irama menjadi sebuah fenomena tersendiri di masyarakat. Karena basis penggemar dan fans fanatiknya dikenal sangat loyal, dan bahkan disebut mencapai 10 persen dari penduduk Indonesia.

3. Popularitas Rhoma Irama menjadi pusat penelitian ilmuwan luar negeri

Besarnya basis penggemar Rhoma Irama membuatnya sempat pusat penelitian ilmuwan luar negeri. Ketenaran pelantun dangdut dan dakwah melalui musik menjadi ciri khasnya, tingkat popularitasnya disebut mengalahkan musisi bahkan politisi negeri ini.

Hal tersebut kemudian yang menarik perhatian dari seorang peneliti luar negeri. Di era 80 hingga 90-an, banyak akademisi tertarik untuk meneliti tentangnya, bahkan sempat menarik perhatian doktor sosiologi Universitas Ohio Amerika, William H. Federick, untuk meneliti ketenaran bang haji Rhoma Irama.

4. Mendapat gelar profesor honoris causa dari dua universitas Amerika

Selama berkecimpung di panggung hiburan, Rhoma Irama dengan segala ketenaran dan popularitasnya yang tinggi di masyarakat, ditambah kelihaiannya dalam menciptakan lagu membuat banyak pihak terpana dan mengidolakannya Termasuk dari kalangan musisi, politisi bahkan pejabat pemerintahan.

Hal tersebut mengantarkan prestasi berupa penghargaan baik di kancah nasional maupun internasional. Berbagai macam penghargaan diterima Rhoma Irama, salah satunya adalah  gelar Profesor Honoris Causa di bidang musik, tak tanggung-tanggung penghargaan tersebut didapat dari dua universitas yang berbeda. Keduanya adalah Northern California Global University, di Amerika Serikat dan American University of Hawaii.

5. Menyandang gelar Raja Dangdut sampai saat ini

Rhoma Irama terhitung kurang lebih telah menghasilkan karya lebih dari 1.000 lagu, dan ia juga memerankan lebih dari 20 judul film layar lebar. Berkat sumbangsihnya terhadap dunia musik dangdut melalui karya-karyanya, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan sebagai Raja Dangdut dengan Elvi Sukaesih sebagai Ratu Dangdut.

Selain lima hal Fakta unik dan mencengangkan tersebut, Rhoma Irama juga mengaku ingin menjadi Presiden Indonesia. Menurutnya hal tersebut dikarenakan dorongan berbagai ulama, dan juga anak bangsa, khususnya Umat Islam.

Tahun 2018 yang lalu, Rhoma Irama kaget setelah disuruh memilih sepeda motor Harley Davidson. Tawaran tersebut langsung diajukan kepadanya oleh pengusaha kaya, saat itu bang haji dan group musiknya sedang manggung di Binuang, Kabupaten Tapin, Kalsel, Sabtu (17/2/2018) malam. 

Sebelumnya, Rhoma Irama maupun Elvy Sukaesih sudah meramaikan media sosial yang mempromosikan lagu "Cinta dalam Khalayan" lewat medsos masing-masing. Terbaru, Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih berduet dalam aksi penampilan terbarunya. Duet yang ditunggu-tunggu oleh seluruh pecinta dangdut Tanah Air akhir dengan Lagu "Cinta dalam Khayalan" resmi dirilis hari ini, Rabu (12/10/2022) pukul 16.00 WIB.


Pewarta : Adit

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama