Potensi Banjir Di Level Siaga, BMKG Jawa Timur Ingatkan Waspada Cuaca Ekstrem

Prakiraan cuaca ekstrem dari BMKG untuk wilayah Jawa Timur

Bacadoloe.com - BMKG kembali mengeluarkan rilis terbaru sehubungan dengan cuaca ekstrem. Pergerakan angin dan melambatnya suhu udara yang mengakibatkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Jawa Timur tahun 2022/2023.

Berdasarkan hasil analisis terbarunya, BMKG menyebutkan bahwa kondisi terkini dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur masih cukup signifikan berpotensi cuaca ekstrem. 

Hasil analisa BMKG, dinamika atmosfer di wilayah Jawa Timur terkini, menunjukkan adanya pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin, yang dapat mengakibatkan aktifitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan. 

Bahkan beberapa wilayah Jawa Timur, BMKG menggarisbawahi patut mewaspadai bencana hidro meteorologi akibat cuaca ekstrem. Bencana seperti banjir, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, hujan es maupun tanah longsor untuk wilayah daratan tinggi. 

Waspada bencana-bencana alam yang bisa kapan saja terjadi. Untuk beberapa daerah yang dihimbau waspada antara lain wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Kab dan Kota Mojokerto, Jombang dan Nganjuk.

Beberapa daerah yang lainnya yang patut waspada antara lain, Kab dan Kota Madiun, Ngawi, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab dan Kota Kediri, Kab dan Kota Malang, Batu, dan hampir seluruh wilayah Jawa Timur dan Madura. Termasuk Karesidenan Besuki antara lain, Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso. 

Peringatan dini mulai diberlakukan oleh pemerintah Jawa Timur dari 20-21 Oktober 2022. Peringatan dini kemungkinan dan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, bahkan disertai petir dan angin kencang, bahkan bisa saja menyebabkan Banjir Bandang. 

Himbauan BMKG tersebut dapat dirinci dari tanggal 13 Oktober 2022. Potensi Banjir di wilayah Kabupaten Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo dan Bondowoso. Siang sampai sore hari, Wilayah Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Pasuruan, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Pamekasan, Sampang, Situbondo dan Bondowoso. 

Sedangkan untuk tanggal 20 Oktober 2022 pada malam hari, BMKG mengingatkan untuk waspada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tuban, Madiun, Ngawi, Pamekasan dan Situbondo. Bahkan untuk beberapa daerah tersebut juga dihimbau waspada Banjir di Level Siaga. 

Lalu kemudian untuk tanggal 20 Oktober 2022. Di prediksi kemungkinan hujan lebat di sertai angin untuk daerah Kab Mojokerto, Jombang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Dan untuk malam harinya, wilayah Gresik, Nganjuk, Batu dan Pasuruan. Serta dihimbau juga untuk waspada Banjir, bahkan masuk di Level Siaga. 

Sedangkan untuk tanggal 21 Oktober 2022. Potensi hujan lebat di perkirakan akan lebih meningkat, sesuai dengan perkiraan Rossby yang mulai kembali meningkat untuk wilayah Jawa Timur pada tanggal tersebut. Potensi Banjir di tanggal tersebut berada di level Waspada. 


Pewarta : Khoir

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama