Pondok Pesantren Terbesar Kawasan Asia Tenggara Yang Berasal Dari Indonesia

Pondok Pesantren Az-Zaytun Indramayu, Salah satu Ma'had terbesar se Asia Tenggara yang berasal dari Indonesia

Bacadoloe.com - Selama ini banyak orang yang menilai Pondok Pesantren itu dengan sebelah mata. Bahkan anggapan miring dan negatif pun juga bermunculan, dari yang bersifat kuno, tidak modern dan sebagainya. 

Faktanya, banyak alumni Pondok Pesantren justru berhasil lebih sukses dan lebih baik ketika berada di lingkungan masyarakat. Lembaga keagamaan tersebut cukup berbeda, karena menjadi wadah pendidikan yang memiliki kurikulum serta sistem terbaik. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak hanya mempelajari tentang ilmu-ilmu keagamaan, tapi juga mempelajari ilmu-ilmu duniawi.

Tak dipungkiri, jika Pondok Pesantren menjadi pilihan beberapa orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik kepada anaknya, terutama tentang agama.

Jika dahulu Pondok Pesantren identik dengan hal-hal tradisional, saat ini banyak yang sudah berkembang baik dari segi sarana prasarana, bangunan sampai teknik mengajar para santrinya.

Berikut adalah Pondok Pesantren Terbesar Di Asia Tenggara

1. Pondok Pesantren Ma'had Az-Zaytun Indramayu

Ma'had Az-Zaytun merupakan sebuah Pondok Pesantren yang berada di desa Mekar Jaya, Kecamatan Gantar, kabupaten Indramayu, Jawa Barat. 

Pondok Pesantren Az-Zaytun didirikan pada 13 Agustus 1996 ini menjadi pesantren terbesar di Indonesia. Bahkan bisa jadi yang terbesar se-Asia Tenggara menurut Washington Times. 

Pondok Pesantren ini memiliki luas lebih dari 2000 hektar dan diperkirakan mampu mendidik sekitar 10.000 santri. Bahkan, berbagai macam lembaga pendidikan juga tersedia, mulai dari sekolah dasar, hingga perguruan tinggi. Tak hanya itu, Pondok Pesantren ini juga diketahui memiliki dua mesjid yang masing-masing mampu menampung sekitar 100.000 dan 7000 jemaah.

2. Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo

Pondok Pesantren yang berada di Ponorogo, Jawa Timur ini adalah salah satu pesantren terbesar yang ada di Indonesia. Bahkan masuk dalam daftar Ma'had yang terbesar di kawasan Asia Tenggara selain Ma'had Az-Zaytun. 

Pondok Pesantren ini sudah berdiri sejak 10 April 1926. Didirikan oleh seorang ulama tiga bersaudara dari putra Kiai Santoso Anom Besari, yaitu KH Zainudin Fananie, KH Ahmad Sahal, dan KH Imam Imam Zarkasy. 

Pondok pesantren Gontor diketahui memiliki jumlah santri sekitar 25.000 orang. Pesantren yang dikenal dengan kedisiplinanya, penguasaan bahasa asing (Arab dan Inggris), kaderisasi dan jaringan alumni yang sangat kuat ini merupakan pelopor keberadaan Pesantren modern, yang ada di tanah air.


Pewarta : Khoirus

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama