Perubahan Cuaca Rawan Membuat Tubuh Kita Sakit, Ini 5 Cara agar Tetap Sehat Saat Cuaca Tidak Menentu.

Ilustrasi tubuh lemas akibat perubahan cuaca

Bacadoloe.com - Pada sekarang ini cuaca lagi tidak menentu, suatu ketika panasnya sangat terik dan terkadang juga tiba-tiba langsung hujan. Hal seperti ini kurang bagus untuk daya tahan tubuh kita.


Umumnya di Indonesia tengah dilanda cuaca yang tak menentu. Kondisi ini membuat sistem kekebalan tubuh seseorang menurun drastis hingga virus-virus penyakit menyebar dengan mudah, terlebih bila Anda tak pintar menjaga kondisi badan makan akan cepat sakit.


Dalam keadaan cuaca tak menentu seperti ini, kadang hujan dan panas, infeksi saluran pernapasan seperti flu, sakit tenggorokan atau pilek rentan dialami banyak orang baik orang dewasa maupun anak-anak.


Dalam keadaan seperti ini, bagaimana cara mengatasi agar tubuh tetap sehat?


Berikut beberapa tips mudah agar Anda tidak mudah sakit meski suhu berubah.


1. Pertahankan Kebersihan yang Baik

Bersikaplah defensif, kalahkan kuman dengan membiasakan praktik kebersihan yang cerdas, seperti menutupi batuk dan bersin atau mencuci tangan. Anda juga diharuskan membersihkan tubuh setiap hari. Selalu ganti pakaian bersih setidaknya satu atau dua kali sehari, terutama pakaian dalam


2. Tetap Terhidrasi

Dalam kondisi cuaca seperti saat ini, minum beberapa gelas air setiap hari diperlukan. Air melindungi tubuh Anda dari penyakit dan penyakit dengan membuang racun dan membantu Anda menyerap nutrisi.


3. Pakaian yang Sesuai

Terkadang sulit untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang cepat. Mengenakan pakaian berlapis adalah cara yang bagus untuk mengatasi masalah ini. Bawalah selalu mantel, sweater, atau scarf untuk melindungi tubuh Anda dari cuaca dingin yang tiba-tiba.


4. Makan dengan Diet Seimbang

Tubuh Anda seperti mesin, akan bekerja paling baik bila diberi bahan bakar terbaik. Oleh karenanya, makan makanan yang penuh dengan antioksidan, yang merupakan nutrisi yang memperkuat sistem kekebalan Anda.


5. Istirahat yang cukup

Tidur selama tujuh sampai delapan jam dapat mengisi ulang tubuh Anda dan memperkuat sistem kekebalan Anda. Jika Anda bisa tidur siang di antara aktivitas sepanjang hari, manfaatkanlah. Terkadang tidur siang bisa lebih efektif daripada tidur malam yang singkat


Pewarta: Ady

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama