Peringati Hari Pangan Sedunia, Ini Pesan Jokowi Kepada Masyarakat Indonesia

Memperingati hari pangan sedunia (Instagram Jokowi) 

Bacadoloe.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pesan khusus kepada masyarakat Indonesia dalam memperingati hari pangan sedunia yang diperingati setiap 16 Oktober.


Presiden Jokowi mengingatkan semua pihak soal ancaman global yang semakin nyata, termasuk soal pangan.


Selain dilanda pandemi covid 19 yang belum pulih sepenuhnya, kini dunia makin dihadapkan oleh krisis dari berbagai sektor imbas perang Rusia dan Ukraina.


"Berbagai prediksi tentang situasi global ke depan yang sama bahwa banyak negara di dunia yang rakyatnya terancam menghadapi kerawanan pangan akut," kata Presiden Jokowi lewat Instagram pribadinya.


Kunci agar bisa keluar dalam situasi krisis dunia tersebut kata Jokowi adalah dengan memperkuat ketahanan pangan. 


"Mau tidak mau kita harus hadapi, menghadapinya dengan meningkatkan ketahanan pangan," lanjutnya.


Saat ini kata Jokowi, Indonesia tengah berusaha memperkuat ketahanan pangan, mulai dari persiapan embung sebagai sumber air hingga produk-produk pertanian demi lumbung pangan atau food estate.


"Jalan menuju ketahanan pangan itu sudah kita persiapkan, salah satunya dengan membangun infrastruktur di bidang pertanian, dari bendungan, embung, hingga jaringan irigasi yang mendukung produksi pertanian nasional," ungkap Jokowi.


Di tahun 2023, dunia tidak hanya dihadapkan dengan ancaman resesi global. Sri Mulyani Indrawati selaku Menkeu menyebut ada ancaman krisis pangan di berbagai negara-negara dunia.


Menanggapi hal itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebut pemerintah telah melakukan intervensi dalam memperkuat ketahanan pangan terhadap kenaikan inflasi nasional.


"Kita berusaha untuk mempersiapkan cadangan-cadangan kita," kata Syarul di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu 12 Oktober yang lalu.


Tingkat inflasi di Indonesia kata Syahrul, sangat dipengaruhi oleh kenaikan harga pangan, sehingga langkah utama yang dilakukan menjaga harga-harga pangan agar tidak banyak berkontribusi kepada inflasi.


Pewarta : Nur

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama